Blog
Suku Sumeria: Tulisan Cuneiform dan Bahasa Tertulis Pertama
Suku Sumeria: Tulisan Cuneiform dan Bahasa Tertulis Pertama

Mengungkap Sejarah Suku Sumeria dan Tulisan Cuneiform Mereka

Suku Sumeria merupakan salah satu peradaban tertua di dunia yang telah ada sejak 4000 SM di wilayah Mesopotamia, yang sekarang dikenal sebagai Irak. Suku ini dikenal sebagai perintis dalam berbagai hal, termasuk sistem pemerintahan, sistem keagamaan, serta pengembangan pertanian dan irigasi yang maju untuk masanya. Namun, yang paling menarik adalah penemuan mereka dalam bidang tulisan yang dikenal sebagai cuneiform.

Tulisan cuneiform adalah sistem penulisan tertua yang dikembangkan oleh suku Sumeria. Kata ?cuneiform? berasal dari bahasa Latin yang artinya ?menyerupai kuku?. Hal ini merujuk pada bentuk dari tulisan ini yang dibentuk dengan menggunakan alat tulis berbentuk segitiga yang diukir pada lempeng tanah liat yang kemudian dikeringkan untuk membentuk karakter. Tulisan ini digunakan untuk mencatat kegiatan sehari-hari, catatan perdagangan, hingga naskah-naskah keagamaan. Dengan adanya tulisan cuneiform, suku Sumeria menjadi satu-satunya peradaban pada masanya yang memiliki sistem tulisan yang kompleks dan teratur.

Mengenal Bahasa Tertulis Pertama di Dunia dari Peradaban Sumeria

Bahasa tertulis pertama di dunia berasal dari peradaban Sumeria yang menggunakan tulisan cuneiform. Bahasa yang digunakan oleh suku Sumeria disebut sebagai bahasa Sumeria, yang merupakan bahasa yang tidak diketahui asal-usulnya. Bahasa ini digunakan untuk mencatat berbagai hal, seperti transaksi perdagangan, hukum, dan mitos-mitos keagamaan. Bahasa Sumeria juga menjadi dasar untuk bahasa-bahasa lain yang muncul di wilayah tersebut, seperti bahasa Akkadia dan bahasa Babilonia.

Selain tulisan cuneiform, suku Sumeria juga mengembangkan sistem pengukuran waktu yang sangat maju untuk zamannya. Mereka mengembangkan kalender yang terdiri dari 12 bulan dan hari yang terbagi dalam 24 jam. Hal ini menunjukkan tingkat pemikiran yang tinggi dan kemampuan untuk mengorganisir kegiatan sehari-hari secara sistematis. Bahkan, sistem pengukuran waktu yang dikembangkan oleh suku Sumeria masih digunakan hingga saat ini.

Suku Sumeria dan penemuan tulisan cuneiform mereka merupakan kontribusi yang sangat berharga bagi peradaban manusia. Dengan adanya tulisan cuneiform, manusia dapat menyampaikan informasi secara tertulis yang akan bertahan selamanya. Bahasa Sumeria juga menjadi dasar bagi perkembangan bahasa dan sistem tulisan lain yang kemudian digunakan oleh peradaban-peradaban selanjutnya. Kita perlu menghargai warisan suku Sumeria dan tulisan cuneiform mereka sebagai salah satu tonggak penting dalam sejarah peradaban manusia.