Blog
Sejarah Negara Yordania
Sejarah Negara Yordania

Latar Belakang Sejarah Yordania

Yordania adalah sebuah negara yang terletak di Timur Tengah dengan Ibukota Amman. Sejarah Yordania dimulai pada abad ke-12 SM ketika wilayah ini masih dihuni oleh suku-suku Arab Badui dan bangsa-bangsa yang bermigrasi dari Asia Barat seperti Suryani, Bani Ghassan, dan Bani Kalb. Pada abad pertama Masehi, Yordania menjadi bagian dari Kekaisaran Romawi dan kemudian diperintah oleh Kekaisaran Byzantium hingga abad ke-7 Masehi.

Pada abad ke-7 Masehi, Yordania ditaklukkan oleh Islam dan diperintah oleh dinasti-dinasti Arab seperti Umayyah dan Abbasiyah. Pada abad ke-16, wilayah Yordania menjadi bagian dari Kekaisaran Ottoman yang diperintah oleh Kesultanan Usmani. Pada akhir abad ke-19, Kesultanan Usmani mengalami kemunduran dan wilayah Yordania dikuasai oleh bangsa-bangsa Eropa seperti Inggris dan Perancis. Pada tahun 1918, setelah berakhirnya Perang Dunia I, Yordania menjadi bagian dari wilayah Mandat Palestina yang dikuasai oleh Inggris.

Perkembangan Negara Yordania Hingga Saat Ini

Pada tahun 1946, Yordania memperoleh kemerdekaannya dari Inggris dengan Raja Abdullah I sebagai pemimpin pertama negara ini. Pada tahun 1948, terjadi perang antara Yordania dan Israel yang menyebabkan sebagian besar wilayah Yordania yang berada di sebelah barat Sungai Yordan dikuasai oleh Israel. Namun, Yordania berhasil memperoleh wilayah Tepi Barat dan Yerusalem Timur pada tahun 1948. Pada tahun 1950, Yordania resmi mengubah namanya menjadi Kerajaan Yordania dan Raja Abdullah I menjadi raja pertama Yordania.

Pada tahun 1967, terjadi Perang Enam Hari antara Yordania dan Israel yang menyebabkan Israel menguasai seluruh wilayah Tepi Barat dan Yerusalem Timur. Pada tahun 1994, Yordania menandatangani perjanjian perdamaian dengan Israel yang mengakhiri konflik antara kedua negara. Sejak itu, Yordania mengalami kemajuan dalam bidang ekonomi dan sosial. Pada tahun 1999, Raja Abdullah II menggantikan ayahnya sebagai raja Yordania dan memulai program reformasi yang bertujuan untuk mengembangkan negara ini secara ekonomi dan politik. Hingga saat ini, Yordania tetap menjadi salah satu negara yang stabil di Timur Tengah dan terus berkembang dalam berbagai bidang.