Blog
Sejarah Negara Senegal
Sejarah Negara Senegal

Latar Belakang Sejarah Negara Senegal

Negara Senegal memiliki sejarah yang kaya dan panjang yang berasal dari masa pra-kolonial hingga saat ini. Terletak di pesisir barat Afrika, Senegal adalah salah satu negara tertua di benua tersebut. Sebelum kedatangan bangsa Eropa, wilayah ini dikenal sebagai Kerajaan Ghana yang merupakan salah satu kerajaan terbesar dan paling berpengaruh di Afrika Barat pada abad ke-6 hingga ke-13. Pada abad ke-15, bangsa Portugis mulai menetap di wilayah ini dan memulai perdagangan budak yang menyebabkan terjadinya perang kolonial di daerah ini.

Perkembangan Sejarah Negara Senegal: Dari Masa Pra-Kolonial Hingga Kemerdekaan

Pada abad ke-19, wilayah Senegal dikuasai oleh Perancis setelah Perjanjian Versailles ditandatangani pada tahun 1783. Perancis memanfaatkan wilayah ini sebagai basis untuk mengendalikan perdagangan di Afrika Barat dan juga sebagai basis untuk melakukan penjelajahan di kawasan sungai Niger. Pada tahun 1854, Senegal resmi menjadi bagian dari koloni Prancis yang dikenal sebagai Afrika Barat Prancis. Pada saat itu, banyak penduduk asli Senegal yang dipaksa untuk bekerja di perkebunan dan pertambangan, dan juga dipaksa untuk berpartisipasi dalam Perang Dunia I dan II.

Pada tahun 1958, Senegal dan koloni Afrika Barat Prancis lainnya memperoleh kemerdekaannya dari Perancis dan membentuk Federasi Mali yang dipimpin oleh Modibo Ke?ta. Namun, federasi ini tidak berlangsung lama karena perbedaan pendapat politik dan ekonomi antara Senegal dan Mali. Akhirnya, Senegal memutuskan untuk memisahkan diri dan memproklamasikan kemerdekaannya sebagai Republik Senegal pada tanggal 20 Juni 1960. L?opold S?dar Senghor menjadi presiden pertama Senegal yang menjabat hingga tahun 1980. Sejak saat itu, Senegal telah mengalami berbagai perubahan politik dan ekonomi yang membawa negara ini menuju kemajuan dan kemakmuran.