Blog
Sejarah Negara San Marino
Sejarah Negara San Marino

Sejarah Awal San Marino: Dari Pendiriannya Hingga Abad ke-19

San Marino merupakan sebuah negara yang terletak di semenanjung Italia, tepatnya di kawasan Emilia-Romagna. Negara ini memiliki luas wilayah sekitar 61 km? dan dihuni oleh sekitar 33.000 penduduk. Namun, meskipun tergolong sebagai negara kecil, San Marino memiliki sejarah yang kaya dan menarik untuk diketahui.

Sejarah San Marino dimulai pada abad ke-4 Masehi, ketika seorang tukang batu bernama Marinus melarikan diri ke bukit Monte Titano untuk menghindari penganiayaan agama di kota Rimini. Marinus kemudian membangun sebuah biara dan berdakwah kepada penduduk setempat. Hal ini kemudian menjadi awal dari pendirian negara San Marino yang saat ini masih ada hingga sekarang.

Hingga abad ke-19, San Marino tetap menjadi sebuah negara kecil yang terisolasi dan minim interaksi dengan negara lain. Namun, pada abad tersebut, San Marino berhasil mempertahankan kemerdekaannya dari invasi Napoleon dan juga turut serta dalam Perang Dunia I dengan memperlihatkan dukungan moral dan menyediakan bantuan untuk para tentara Sekutu. Sebagai imbalannya, San Marino diberikan beberapa wilayah kecil oleh Italia dan juga mendapatkan pengakuan internasional sebagai negara yang merdeka.

Masa Modern San Marino: Perkembangan Politik dan Ekonomi pada Abad ke-20

Pada abad ke-20, San Marino mengalami perkembangan politik dan ekonomi yang signifikan. Negara ini mengadopsi konstitusi baru pada tahun 1945 dan menjadi sebuah negara demokrasi parlementer dengan sistem pemerintahan yang serupa dengan Italia. Namun, San Marino tetap mempertahankan kedaulatannya dan tidak menjadi bagian dari Italia.

Dari segi ekonomi, San Marino menjadi salah satu negara dengan pendapatan per kapita tertinggi di dunia. Hal ini dikarenakan oleh sistem pajak yang sangat rendah dan industri pariwisata yang maju. Selain itu, San Marino juga memiliki industri keuangan dan manufaktur yang berkembang pesat. Namun, pada awal abad ke-21, San Marino juga mengalami krisis ekonomi yang mengakibatkan perekonomian negara ini menurun. Namun, berkat reformasi yang dilakukan, San Marino berhasil bangkit dan menjadi salah satu negara dengan stabilitas ekonomi yang baik di Eropa saat ini.