Blog
Sejarah Negara Rumania
Sejarah Negara Rumania

Sejarah Negara Rumania: Perkembangan dan Pembentukan

Rumania adalah sebuah negara yang terletak di Eropa Tenggara, tepatnya di semenanjung Balkan. Negara ini memiliki sejarah yang kaya dan panjang, dimulai dari zaman kuno hingga masa modern. Sejak awal pembentukannya, Rumania telah mengalami berbagai pergantian pemerintahan dan pengaruh kebudayaan yang beragam. Berikut ini adalah rangkuman tentang perkembangan dan pembentukan negara Rumania.

Pada awalnya, Rumania merupakan wilayah yang ditinggali oleh suku Dacia, yang juga merupakan nenek moyang dari bangsa Romawi. Pada abad ke-2 Masehi, wilayah ini ditaklukkan oleh pasukan Romawi dan diberi nama Dacia Romana. Namun, pada abad ke-3 Masehi, suku Goth dan Huns berhasil menguasai wilayah ini. Pada abad ke-7 Masehi, wilayah Rumania menjadi bagian dari Kekaisaran Bulgaria dan disebut sebagai Wallachia dan Moldavia. Pada akhir abad ke-14 Masehi, wilayah Rumania jatuh ke tangan Kesultanan Utsmaniyah dan menjadi bagian dari Kekaisaran Utsmaniyah selama hampir 400 tahun.

Pada abad ke-19, pergerakan nasionalis bangsa Rumania mulai muncul dan menggalang kekuatan untuk memperjuangkan kemerdekaan dari Kekaisaran Utsmaniyah. Pada tahun 1859, Wallachia dan Moldavia bersatu dan membentuk negara Rumania yang merdeka. Pada tahun 1881, wilayah Transylvania juga bergabung dengan Rumania, sehingga wilayahnya semakin luas. Selama Perang Dunia I, Rumania memihak Sekutu dan berhasil merebut wilayah-wilayah yang sebelumnya dikuasai oleh Kekaisaran Utsmaniyah. Pada tahun 1918, Rumania berhasil merdeka secara total dan menjadi sebuah negara yang berdaulat.

Fakta dan Peristiwa Penting dalam Sejarah Negara Rumania

Selama periode antara Perang Dunia I dan Perang Dunia II, Rumania mengalami masa kemajuan yang pesat di bidang ekonomi dan sosial. Namun, pada tahun 1940, Rumania dipaksa untuk menyerahkan wilayah Transylvania kepada Hungaria melalui perjanjian dengan Jerman Nazi. Pada tahun yang sama, Rumania juga dipaksa untuk mengizinkan pasukan Soviet masuk dan menduduki wilayahnya. Selama masa pendudukan oleh Soviet, Rumania mengalami berbagai pelanggaran hak asasi manusia dan penindasan politik yang brutal.

Pada akhir Perang Dunia II, Rumania berhasil merdeka kembali dan menjalani masa pemulihan yang cukup sulit. Pada tahun 1947, Rumania resmi menjadi negara komunis setelah pemimpin komunis, Nicolae Ceausescu, berhasil mengambil alih kekuasaan. Namun, pada tahun 1989, Rumania mengalami Revolusi yang menggulingkan pemerintahan komunis dan mengembalikan sistem demokrasi. Sejak itu, Rumania telah mengalami perkembangan ekonomi yang pesat dan menjadi anggota Uni Eropa pada tahun 2007. Saat ini, Rumania menjadi salah satu negara yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang stabil di Eropa dan terus berkembang ke arah yang lebih baik.