Blog
Sejarah Negara Republik Dominika
Sejarah Negara Republik Dominika

Latar Belakang Sejarah Republik Dominika

Republik Dominika adalah sebuah negara yang terletak di kepulauan Karibia dan merupakan salah satu negara berdaulat yang paling tua di benua Amerika. Sejarah Republik Dominika dimulai sejak kedatangan bangsa Spanyol pada tahun 1492 yang dipimpin oleh Christopher Columbus. Pada awalnya, pulau ini dikenal sebagai "Hispaniola" dan merupakan tempat pertama kali Columbus mendarat di Amerika. Namun, keberadaan pulau ini tidak terlepas dari konflik antara Spanyol dan Prancis yang berusaha menguasai wilayah tersebut.

Pada tahun 1795, pulau Hispaniola akhirnya menjadi milik Prancis setelah Spanyol menyerahkan wilayah tersebut melalui perjanjian. Namun, perjuangan untuk meraih kemerdekaan terus dilakukan oleh penduduk asli pulau dan juga para budak Afrika yang berjuang untuk mendapatkan kebebasan. Pada tahun 1804, pemimpin revolusi Jean-Jacques Dessalines memproklamasikan kemerdekaan dan mengubah nama pulau tersebut menjadi Republik Haiti. Namun, pada tahun 1844, sebagian wilayah timur pulau tersebut memproklamasikan kemerdekaan dan mendirikan Republik Dominika.

Perkembangan dan Pemerintahan Republik Dominika

Setelah mendapatkan kemerdekaan, Republik Dominika mengalami berbagai tantangan politik dan ekonomi. Pemerintahan yang tidak stabil dan sering terjadi kudeta membuat negara ini sulit untuk berkembang. Namun, pada tahun 1961, Juan Bosch terpilih sebagai presiden dan berusaha untuk melakukan reformasi politik dan sosial. Sayangnya, kepemimpinannya tidak berlangsung lama karena dijatuhkan oleh militer pada tahun yang sama.

Pada tahun 1966, Presiden Joaquin Balaguer terpilih dan menjabat selama hampir 12 tahun. Pada masa pemerintahannya, Republik Dominika mengalami kemajuan ekonomi dan stabilitas politik. Namun, pada tahun 1978, Demokratik Kemerdekaan Konstitusional (PRD) yang dipimpin oleh Juan Bosch berhasil memenangkan pemilihan umum dan Bosch kembali menjabat sebagai presiden. Namun, pada tahun 1982, Balaguer kembali terpilih sebagai presiden dan menjabat selama 10 tahun. Pada tahun 1996, Leonel Fernandez terpilih sebagai presiden dan menjabat selama 3 periode hingga tahun 2004. Saat ini, Republik Dominika dipimpin oleh Presiden Danilo Medina yang menjabat sejak 2012.