Blog
Sejarah Negara Korea Utara
Sejarah Negara Korea Utara

Latar Belakang Berdirinya Negara Korea Utara

Korea Utara merupakan salah satu negara yang terletak di Semenanjung Korea, di bagian timur laut Asia. Negara ini memiliki sejarah yang kaya dan panjang, dimulai dari awal abad ke-20 saat Korea masih berada di bawah kekuasaan Jepang. Pada tahun 1910, Jepang secara resmi menguasai Korea dan memaksakan kebijakan kolonialisme yang sangat keras, termasuk melarang penggunaan bahasa Korea dan memaksa penduduk untuk menganut agama Shinto.

Pada tahun 1945, Jepang menyerah dan Korea pun memperoleh kemerdekaan. Namun, negara ini terpecah menjadi dua bagian, yaitu Korea Utara yang berideologi komunis dan Korea Selatan yang berideologi kapitalis. Pemisahan ini terjadi karena adanya perseteruan antara Uni Soviet dan Amerika Serikat yang berusaha mempengaruhi kebijakan di Korea. Pada tanggal 9 September 1948, secara resmi didirikanlah Negara Korea Utara yang berdiri di bawah pimpinan Kim Il-sung, yang saat itu juga menjadi pemimpin Partai Buruh Korea.

Perkembangan Negara Korea Utara: Sejak Berdiri Hingga Saat Ini

Dari awal berdirinya, Negara Korea Utara telah mengadopsi sistem komunis yang ketat di bawah kepemimpinan Kim Il-sung. Pada tahun 1950, negara ini terlibat dalam Perang Korea yang berlangsung selama tiga tahun, di mana Korea Utara berperang melawan Korea Selatan yang didukung oleh Amerika Serikat. Perang ini berakhir dengan gencatan senjata pada tahun 1953 dan menyebabkan kedua negara masih berada dalam keadaan perang.

Di bawah kepemimpinan Kim Il-sung, Negara Korea Utara mengalami kemajuan yang pesat di bidang ekonomi dan teknologi. Namun, pada tahun 1990-an, negara ini mengalami krisis ekonomi yang serius akibat kebijakan ekonomi yang tidak efektif dan sanksi internasional yang diberlakukan karena program nuklir yang dilakukan oleh pemerintah. Hingga saat ini, Negara Korea Utara masih dipimpin oleh keluarga Kim, dengan Kim Jong-un yang saat ini menjadi pemimpin tertinggi dan menerapkan kebijakan yang sangat otoriter.