Blog
Sejarah Negara Kiribati
Sejarah Negara Kiribati

Sejarah Negara Kiribati: Dari Kepulauan Terpencil Hingga Negara Merdeka

Kiribati adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik, di sebelah timur laut Australia. Nama Kiribati sendiri berasal dari bahasa Gilbertese yang artinya "Garis Khatulistiwa", mengingat lokasinya yang hampir tepat berada di garis khatulistiwa. Sejarah Kiribati dapat ditelusuri sejak kedatangan bangsa Eropa pada abad ke-16, namun baru secara resmi menjadi negara merdeka pada tahun 1979 setelah memperoleh kemerdekaan dari Inggris.

Pada awalnya, Kiribati adalah sebuah kepulauan yang dihuni oleh suku-suku Polinesia dan Melanesia. Namun, pada abad ke-16, negara ini mulai dikunjungi oleh bangsa Eropa seperti Spanyol dan Inggris. Pada tahun 1892, Kiribati dinyatakan sebagai bagian dari wilayah jajahan Inggris yang disebut dengan nama Gilbert and Ellice Islands. Selama masa kolonial ini, Kiribati mengalami berbagai perubahan seperti masuknya agama Kristen dan ajaran-ajaran Barat yang berdampak pada budaya dan tradisi lokal.

Perkembangan Politik dan Sosial di Kiribati Sejak Era Kolonial Hingga Kemerdekaan

Pada tahun 1916, Gilbert and Ellice Islands dibagi menjadi dua bagian, yaitu Gilbert Islands yang terdiri dari 16 pulau di mana Kiribati termasuk di dalamnya, dan Ellice Islands yang sekarang dikenal sebagai Tuvalu. Selama masa kolonial, Kiribati mengalami berbagai perjuangan untuk memperoleh otonomi dan hak politik yang lebih besar. Pada tahun 1975, Kiribati diberikan status sebagai negara berdaulat dengan pemerintahan sendiri yang dipimpin oleh seorang kepala menteri.

Akhirnya, pada tanggal 12 Juli 1979, Kiribati secara resmi memproklamasikan kemerdekaannya dari Inggris dengan nama Republik Kiribati. Proses ini tidak berlangsung mulus karena terdapat perselisihan antara pemerintah Kiribati dan Inggris mengenai batas wilayah perairan negara ini. Namun, setelah melalui perundingan yang panjang, kedua negara berhasil mencapai kesepakatan untuk membagi wilayah perairan Kiribati dan mempertahankan hubungan yang baik. Sejak itu, Kiribati terus mengalami perkembangan politik dan sosial yang menjadikannya salah satu negara kepulauan yang stabil dan berkembang pesat di kawasan Pasifik.