Blog
Sejarah Negara Guinea
Sejarah Negara Guinea

Latar Belakang Sejarah Negara Guinea

Negara Guinea adalah sebuah negara berdaulat yang terletak di Afrika Barat. Negara ini memiliki luas wilayah sekitar 245.857 kilometer persegi dan merupakan negara terbesar di Afrika Barat. Negara Guinea juga memiliki populasi sekitar 12 juta jiwa dengan mayoritas penduduknya adalah suku Malinke, Fulani, dan Soussou.

Sejarah negara Guinea dimulai pada abad ke-15 ketika bangsa Eropa, terutama Portugis dan Belanda, mulai menjelajahi pantai barat Afrika. Pada akhir abad ke-16, negara Guinea menjadi bagian dari wilayah jajahan Imperium Mali yang dipimpin oleh Kekaisaran Songhai. Pada abad ke-19, wilayah ini jatuh ke tangan Kekaisaran Wassoulou yang dipimpin oleh Samori Ture. Namun, pada awal abad ke-20, wilayah ini jatuh ke tangan Prancis dan menjadi bagian dari wilayah jajahan Prancis di Afrika Barat.

Masa Kolonial dan Kemerdekaan Guinea

Pada masa kolonial, Guinea dikelola oleh Prancis dengan sistem pemerintahan kolonial yang menindas dan mengeksploitasi penduduk lokal. Namun, pada tahun 1958, pemimpin nasionalis dan revolusioner, Ahmed S?kou Tour?, memimpin perjuangan untuk meraih kemerdekaan negara Guinea. Pada tanggal 2 Oktober 1958, Guinea secara resmi memproklamasikan kemerdekaannya dari Prancis dan menjadi negara merdeka pertama di Afrika Barat.

Setelah meraih kemerdekaan, negara Guinea mengalami berbagai tantangan seperti adanya konflik internal, ketidakstabilan politik, dan masalah ekonomi. Namun, di bawah kepemimpinan Tour?, negara ini mengalami kemajuan dalam bidang kesehatan dan pendidikan. Pada tahun 1984, Tour? meninggal dunia dan negara Guinea mengalami pergantian pemimpin yang seringkali disertai dengan konflik politik. Namun, sejak tahun 2010, negara ini telah mengalami kemajuan dalam bidang demokrasi dan stabilitas politik dengan adanya pemilihan umum yang lebih bebas dan adil. Saat ini, Guinea merupakan negara yang sedang berkembang dan memiliki potensi ekonomi yang besar dengan adanya sumber daya alam yang melimpah seperti bijih besi, alumunium, dan emas.