Blog
Sejarah Negara Finlandia
Sejarah Negara Finlandia

Sejarah Singkat Negara Finlandia

Negara Finlandia, juga dikenal sebagai Republik Finlandia, terletak di Eropa Utara dan berbatasan dengan Rusia, Swedia, dan Norwegia. Sebagai negara Nordik yang terkenal dengan keindahan alamnya, Finlandia juga memiliki sejarah yang kaya dan bermacam-macam pengaruh budaya dari bangsa-bangsa tetangganya. Sebelum akhirnya merdeka pada tahun 1917, Finlandia telah menjadi bagian dari Swedia selama hampir 700 tahun dan kemudian dijajah oleh Rusia selama 108 tahun.

Pada abad ke-12, Finlandia dikuasai oleh Kerajaan Swedia dan menjadi bagian dari negara tersebut selama berabad-abad. Pada saat itu, Swedia juga menguasai wilayah-wilayah yang sekarang menjadi bagian dari Norwegia, Denmark, dan Estonia. Selama masa penjajahan Swedia, bahasa dan budaya Finlandia terpengaruh dan tercampur dengan budaya Skandinavia. Pada abad ke-19, Finlandia mulai mengalami kebangkitan nasionalisme dan semangat untuk merdeka dari Swedia.

Perkembangan Politik dan Ekonomi Finlandia

Pada awal abad ke-19, Finlandia dikuasai oleh Rusia setelah Swedia kalah dalam Perang Finlandia. Pada masa ini, Finlandia masih dianggap sebagai Grand Duchy of Finland dan memiliki otonomi yang terbatas dalam hal politik dan ekonomi. Namun, pada tahun 1906, terjadi pemilihan umum pertama di Finlandia yang dianggap sebagai tonggak penting dalam sejarah politik negara ini. Pemilihan ini menandakan awal dari perkembangan sistem politik demokrasi di Finlandia.

Setelah kekalahan Rusia dalam Perang Dunia I, Finlandia mendeklarasikan kemerdekaannya pada tanggal 6 Desember 1917. Namun, keberadaan Republik Finlandia sebagai negara merdeka baru mengalami tantangan pada periode antara Perang Dunia I dan II. Pada tahun 1939, Finlandia terlibat dalam Perang Musim Dingin melawan Uni Soviet dan pada tahun 1941-1944 juga terlibat dalam Perang Lanjutan. Kedua perang ini mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dan politik Finlandia, tetapi negara ini berhasil pulih dan kini menjadi salah satu negara maju di Eropa. Saat ini, Finlandia dikenal sebagai negara yang stabil secara politik dan memiliki ekonomi yang kuat berkat kebijakan-kebijakan pemerintah yang berfokus pada industri teknologi, kehutanan, dan energi.