Blog
Sejarah Negara Djibouti
Sejarah Negara Djibouti

Latar Belakang Sejarah Negara Djibouti

Negara Djibouti terletak di Afrika Timur dan merupakan salah satu negara yang terletak di jalur strategis antara Laut Merah dan Teluk Aden. Wilayah ini telah menjadi tempat perlindungan bagi para pedagang dan pelaut yang melakukan perjalanan antara Timur Tengah dan Afrika sejak berabad-abad yang lalu. Sejarah Djibouti juga dipengaruhi oleh kehadiran berbagai suku nomaden di wilayah ini, seperti Afar, Issa, dan Somali.

Pada awal abad ke-19, Djibouti menjadi bagian dari wilayah Kekaisaran Ottoman dan menjadi tempat berlabuhnya kapal-kapal perdagangan dari berbagai negara. Namun, pada tahun 1862, Prancis mendirikan sebuah pos militer di Djibouti dan menjadikannya sebagai pelabuhan strategis untuk memudahkan perdagangan dan ekspansi kolonial mereka di Afrika Timur. Hal ini berdampak pada kehadiran populasi Prancis yang signifikan di Djibouti dan juga memicu konflik dengan warga setempat.

Perkembangan dan Peran Penting Negara Djibouti di Afrika Timur

Setelah Perang Dunia II, Djibouti menjadi bagian dari koloni Prancis dan pada tahun 1977, meraih kemerdekaan setelah melalui proses negosiasi yang panjang. Negara ini kemudian dikenal sebagai Negara Djibouti yang merdeka dan memilih untuk tetap menjadi negara demokrasi dengan sistem pemerintahan presidensial. Sejak saat itu, Djibouti telah mencapai sejumlah prestasi dalam bidang ekonomi dan politik.

Djibouti juga memiliki peran penting di Afrika Timur. Negara ini merupakan anggota aktif dari Komunitas Ekonomi Negara-Negara Afrika Timur (EAC) dan Organisasi Kerjasama Islam (OKI). Selain itu, Djibouti juga menjadi tuan rumah bagi sejumlah konferensi internasional dan berperan sebagai mediator dalam beberapa konflik di Afrika Timur. Djibouti juga terus berupaya membangun hubungan kerjasama yang baik dengan negara-negara tetangga, seperti Eritrea, Ethiopia, dan Somalia. Hal ini menunjukkan bahwa Djibouti telah menjadi negara yang berperan penting dalam menjaga stabilitas dan perdamaian di Afrika Timur.