Blog
Sejarah Negara Botswana
Sejarah Negara Botswana

Sejarah Awal Negara Botswana: Dari Zaman Prasejarah Hingga Munculnya Suku Setswana

Negara Botswana, yang secara resmi dikenal sebagai Republik Botswana, terletak di selatan benua Afrika dan merupakan salah satu negara yang relatif stabil di kawasan tersebut. Namun, sebelum menjadi negara modern yang kita kenal saat ini, Botswana memiliki sejarah yang kaya dan panjang. Menurut penelitian arkeologis, manusia telah tinggal di wilayah Botswana sejak zaman prasejarah, kira-kira 2 juta tahun yang lalu. Pada awalnya, wilayah ini dihuni oleh suku San dan Khoikhoi, yang hidup sebagai pemburu-pengumpul.

Pada abad ke-14, suku Bantu mulai bermigrasi ke wilayah Botswana. Salah satu suku Bantu yang terkenal adalah suku Bakgalagadi yang berasal dari Afrika Selatan. Namun, suku yang paling berpengaruh dalam sejarah awal Botswana adalah suku Tswana, yang terdiri dari beberapa sub-suku seperti Bangwaketse, Batawana, dan Bangwato. Suku Tswana ini berasal dari wilayah Afrika Timur dan bermigrasi ke Botswana pada abad ke-16. Mereka membawa tradisi pertanian dan pemukiman permanen yang kemudian menjadi ciri khas masyarakat Botswana.

Perkembangan Politik dan Kekayaan Budaya di Negara Botswana: Abad ke-19 hingga Kemerdekaan

Pada abad ke-19, wilayah Botswana mulai dimasuki oleh bangsa Eropa. Bangsa Inggris pertama kali tiba pada tahun 1840 dan membuat perjanjian dengan suku Tswana untuk memperoleh hak atas wilayah Botswana. Namun, perjanjian ini tidak berlangsung lama karena diikuti oleh kedatangan Bangsa Boer dari Afrika Selatan yang juga mengklaim wilayah Botswana. Hal ini menyebabkan konflik antara Inggris dan Boer yang berlangsung selama beberapa dekade.

Pada tahun 1885, Inggris dan Boer akhirnya mencapai kesepakatan untuk mengakui wilayah Botswana sebagai protektorat Inggris. Dari sinilah muncul nama Bechuanaland Protectorate yang dipakai hingga masa kemerdekaan. Selama masa protektorat, Inggris membangun infrastruktur dan mendirikan pemerintahan yang lebih terorganisir. Namun, kekayaan budaya dan tradisi masyarakat Botswana tetap terjaga dan terus berkembang. Pada tahun 1966, Botswana memperoleh kemerdekaan dan menjadi negara yang merdeka dengan nama baru, yaitu Republik Botswana. Hingga saat ini, Botswana dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki stabilitas politik dan kekayaan budaya yang unik.