Blog
Sejarah Negara Belgia
Sejarah Negara Belgia

Mengenal Sejarah Negara Belgia: Dari Zaman Kuno Hingga Modern

Negara Belgia merupakan sebuah negara kecil yang terletak di Eropa Barat. Namun, jangan salah sangka dengan ukuran negara ini karena Belgia memiliki sejarah yang kaya dan panjang. Sejarah Belgia dapat ditelusuri hingga zaman kuno, saat wilayah ini masih dihuni oleh suku-suku kelt dan galia. Namun, pada abad ke-1 SM, wilayah ini dikuasai oleh Kekaisaran Romawi dan dikenal sebagai bagian dari provinsi Gallia Belgica.

Selanjutnya, pada abad ke-5, Belgia jatuh ke tangan Kerajaan Franka dan berkembang menjadi sebuah negara feodal yang terbagi menjadi berbagai kadipaten dan county. Pada abad ke-14, Belgia menjadi bagian dari Kekaisaran Romawi Suci dan juga mengalami masa kejayaan perdagangan dan seni di kota-kota seperti Brussel, Bruges, dan Ghent. Namun, pada abad ke-16, Belgia dikuasai oleh Spanyol selama lebih dari 150 tahun dan pada akhirnya memperoleh kemerdekaannya pada tahun 1830.

Perkembangan Negara Belgia: Dari Kerajaan Hingga Masa Kini

Setelah memperoleh kemerdekaan pada tahun 1830, Belgia mengalami masa transisi dari bentuk monarki konstitusional menjadi sebuah demokrasi modern. Pada tahun 1831, Leopold I dari Wangsa Saxe-Coburg dan Gotha menjadi raja pertama Belgia. Namun, pada tahun 1909, Belgia mengalami krisis politik yang berujung pada pecahnya Perang Dunia I. Negara ini juga menjadi tempat terjadinya pertempuran yang hebat selama Perang Dunia II, dimana Belgia diduduki oleh Jerman selama 4 tahun.

Setelah mengalami masa yang cukup sulit, Belgia akhirnya bangkit dan mengalami kemajuan yang pesat pada abad ke-20. Pada tahun 1957, Belgia menjadi salah satu anggota pendiri dari Uni Eropa dan juga menjadi tuan rumah markas besar NATO. Hal ini menunjukkan pengaruh Belgia yang semakin meningkat di dunia internasional. Hingga saat ini, Belgia terus berkembang sebagai sebuah negara yang maju dan memiliki peran yang penting di Eropa dan dunia.