Blog
Sejarah Negara Angola
Sejarah Negara Angola

Sejarah Awal Negara Angola: Dari Masa Pra-Kolonial Hingga Kemerdekaan

Angola adalah sebuah negara yang terletak di bagian barat daya Afrika. Sejarah negara ini dimulai sejak abad ke-15, ketika bangsa Portugis mulai menjajah wilayah tersebut. Sebelumnya, Angola telah dihuni oleh suku-suku Bantu yang hidup berdampingan dengan perdagangan maritim di sepanjang pesisir laut. Namun, kedatangan bangsa Portugis membawa perubahan besar dalam sejarah negara ini.

Pada awalnya, bangsa Portugis tertarik dengan Angola karena wilayahnya yang kaya akan sumber daya alam, terutama budak dan rempah-rempah. Mereka mulai menguasai wilayah pesisir dan membangun benteng-benteng untuk melindungi perdagangan mereka. Namun, penjajahan Portugis juga membawa dampak negatif bagi penduduk asli, seperti penggunaan paksa terhadap budak dan penyebaran agama Kristen. Konflik antara bangsa Portugis dan suku-suku Bantu terus berlangsung hingga abad ke-20.

Perkembangan Negara Angola: Dari Perang Kemerdekaan Hingga Era Modern

Pada tahun 1951, gerakan kemerdekaan di Angola mulai terbentuk untuk melawan penjajahan Portugis. Salah satu tokohnya yang terkenal adalah Agostinho Neto, yang kemudian menjadi presiden pertama Angola setelah kemerdekaannya pada tahun 1975. Perang kemerdekaan yang dilakukan oleh gerakan-gerakan ini berlangsung selama lebih dari 20 tahun dan menyebabkan kerusakan besar di negara ini.

Setelah meraih kemerdekaan, Angola mengalami periode yang sulit, termasuk perang saudara yang berlangsung selama 27 tahun. Pada tahun 2002, perjanjian perdamaian akhirnya ditandatangani dan negara ini mulai membangun kembali infrastruktur dan ekonominya. Namun, perang tersebut telah meninggalkan luka yang dalam bagi masyarakat Angola, termasuk kemiskinan, korupsi, dan masalah hak asasi manusia. Hingga saat ini, negara ini masih berjuang untuk mengatasi masalah-masalah tersebut dan mencapai stabilitas politik yang lebih baik.