Blog
Sejarah Negara Albania
Sejarah Negara Albania

Latar Belakang Sejarah Negara Albania

Albania adalah sebuah negara yang terletak di Eropa Tenggara. Negara ini berbatasan dengan Montenegro, Kosovo, dan Makedonia di sebelah utara, Yunani di sebelah selatan, serta Serbia di sebelah timur. Sejarah negara ini dimulai pada abad ke-4 SM dengan kedatangan bangsa Illyria yang merupakan nenek moyang dari suku Albania. Pada abad ke-2 SM, wilayah ini dikuasai oleh Romawi dan kemudian menjadi bagian dari Kekaisaran Bizantium pada abad ke-5 M. Pada abad ke-15, Albania menjadi bagian dari Kesultanan Utsmaniyah dan tetap berada di bawah kekuasaan Turki hingga abad ke-20.

Selama masa penjajahan Turki, Albania mengalami perkembangan yang cukup lambat dan tertinggal dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya. Namun, pada awal abad ke-20, gerakan kemerdekaan yang dipimpin oleh Skanderbeg berhasil membebaskan Albania dari kekuasaan Turki. Pada 28 November 1912, Albania secara resmi memproklamasikan kemerdekaannya dan mengadopsi sistem pemerintahan monarki konstitusional. Namun, pada tahun 1925, monarki diganti dengan republik dan Albania menjadi salah satu republik komunis di bawah kekuasaan Enver Hoxha pada tahun 1944.

Perkembangan Terkini Sejarah Negara Albania

Setelah melewati masa pemerintahan komunis yang dikuasai oleh Enver Hoxha selama hampir 40 tahun, Albania mengalami perubahan besar pada akhir abad ke-20. Pada tahun 1991, Albania memperoleh kemerdekaannya dari pemerintahan komunis dan mulai memperkenalkan sistem demokrasi. Namun, perubahan ini tidak berjalan dengan lancar dan Albania mengalami kerusuhan serta kekacauan politik yang berlangsung hingga pertengahan tahun 1990-an.

Pada tahun 1997, Albania mengalami krisis keuangan yang parah yang dipicu oleh kegagalan skema investasi piramida. Krisis ini menyebabkan kerusuhan dan kekacauan yang berakibat pada jatuhnya pemerintahan. Namun, sejak itu, Albania berhasil memperbaiki situasi politik dan ekonominya serta menjadi anggota Organisasi Perjanjian Traktat Atlantik Utara (NATO) pada tahun 2009. Saat ini, Albania merupakan salah satu negara yang sedang mengalami pertumbuhan ekonomi yang pesat dan terus berusaha untuk meningkatkan hubungan diplomatisnya dengan negara-negara lain di dunia.