Blog
Sejarah Kota Zagreb
Sejarah Kota Zagreb

Latar Belakang Sejarah Kota Zagreb

Kota Zagreb adalah ibu kota dan kota terbesar di negara Kroasia yang terletak di Eropa Tengah. Kota ini memiliki sejarah yang kaya dan panjang yang membentang sejak zaman Romawi Kuno. Sebelum menjadi kota modern yang kita kenal saat ini, Zagreb telah melalui berbagai penjajahan dan pengaruh dari berbagai budaya yang memengaruhi perkembangan kota ini.

Pada abad pertengahan, Zagreb adalah sebuah pemukiman kecil yang terletak di antara dua gunung, yaitu Gunung Medvednica dan Gunung Sljeme. Pada abad ke-11, kota ini mulai berkembang menjadi pusat perdagangan yang penting di wilayah tersebut. Hal ini disebabkan oleh lokasinya yang strategis di persimpangan jalur perdagangan Eropa. Pada tahun 1242, Zagreb menjadi ibu kota Kerajaan Kroasia yang baru dibentuk. Namun, pada tahun 1850, kota ini menjadi bagian dari Kekaisaran Austria-Hungaria dan baru menjadi ibu kota Kroasia yang sebenarnya pada tahun 1918.

Perkembangan dan Peninggalan Sejarah Kota Zagreb

Perkembangan kota Zagreb dimulai pada abad ke-13 ketika Katedral Zagreb yang megah dibangun. Katedral ini merupakan salah satu ikon terbesar kota Zagreb yang masih berdiri hingga saat ini. Berbagai bangunan bersejarah lainnya juga mulai dibangun, seperti Istana Zagreb yang menjadi kediaman para bangsawan dan kelas atas. Selain itu, taman-taman dan alun-alun juga dibuat untuk mempercantik kota Zagreb.

Pada abad ke-19, Zagreb mengalami pertumbuhan pesat dengan dibangunnya Jalan Raya Vla?ka yang menghubungkan kota ini dengan kota lain di sekitarnya. Selain itu, pada tahun 1891, dibangun Jalur Kereta Api Zidani Most-Zagreb-Koprivnica yang menjadi jalur kereta api pertama yang mencapai Zagreb. Pembangunan ini sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi dan perkembangan kota Zagreb.

Pada masa Perang Dunia II, Zagreb menjadi salah satu pusat perlawanan terhadap penjajahan Nazi. Namun, setelah berakhirnya perang, kota ini harus mengalami penaklukan Soviet dan masuk ke dalam blok komunis hingga tahun 1991. Setelah itu, Zagreb berkembang menjadi kota modern dengan berbagai infrastruktur dan pariwisata yang semakin maju. Sejumlah peninggalan sejarah, seperti Gereja St. Mark, Gereja St. Catherine, dan Istana Banski dvori, tetap dijaga dan dijadikan daya tarik wisata yang menarik bagi para pengunjung.