Blog
Sejarah Kota Tallinn
Sejarah Kota Tallinn

Asal Usul Kota Tallinn: Jejak Sejarah yang Kaya

Kota Tallinn adalah ibu kota dan kota terbesar di negara Estonia yang terletak di ujung utara Eropa. Sejarah kota ini dapat ditelusuri kembali hingga abad ke-13, saat Raja Denmark, Valdemar II, mendirikan kota ini sebagai kota pelabuhan penting di Laut Baltik. Nama Tallinn sendiri berasal dari kata "Taani linnus" yang berarti "Kastil Denmark". Sejak saat itu, kota ini telah mengalami banyak perubahan dan menjadi salah satu kota paling maju di Eropa.

Karena letaknya yang strategis di Laut Baltik, kota Tallinn telah menjadi pusat perdagangan yang penting sejak dahulu kala. Pada abad ke-14, kota ini menjadi bagian dari Liga Hansa, sebuah persekutuan perdagangan yang beranggotakan kota-kota di Eropa Utara. Hal ini membuat Tallinn semakin berkembang dan menjadi kota yang kaya dan makmur. Namun, pada abad ke-16, kota ini jatuh ke tangan Swedia dan kemudian ke tangan Rusia pada abad ke-18. Selama masa penjajahan Rusia, Tallinn menjadi pusat administrasi dan industri di Estonia.

Peninggalan Sejarah yang Membanggakan di Kota Tallinn

Kota Tallinn memiliki banyak peninggalan sejarah yang menarik. Salah satu yang paling terkenal adalah kota tua Tallinn yang terletak di pusat kota. Kota tua ini merupakan salah satu kota tua paling terawat di Eropa dan telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Di dalamnya terdapat bangunan-bangunan tua yang masih sangat terawat, seperti Katedral Alexander Nevsky dan Kota Toompea yang merupakan istana pertama dari Dinasti Kadipaten Denmark.

Selain itu, kota ini juga memiliki Tembok Kota Tallinn yang dibangun pada abad ke-13 untuk melindungi kota dari serangan musuh. Tembok ini merupakan salah satu yang paling terawat di Eropa dan masih dapat dilihat hingga sekarang. Di dalam tembok ini terdapat berbagai bangunan bersejarah, seperti Menara Baltik dan Menara Fat Margaret yang dulunya digunakan sebagai benteng pertahanan. Pengunjung dapat mengunjungi tembok ini dan menikmati pemandangan kota Tallinn dari atas.

Kota Tallinn juga memiliki banyak museum yang menampilkan sejarah dan budaya Estonia. Salah satu yang populer adalah Museum Sejarah Nasional Estonia yang menampilkan koleksi arkeologi dan benda-benda sejarah dari abad pertengahan hingga abad ke-20. Museum ini terletak di sebuah bangunan bersejarah yang dulunya merupakan Gedung Parlemen Estonia pada masa kemerdekaan pertama negara ini. Dengan begitu banyak peninggalan sejarah yang dimiliki, tidak heran jika kota Tallinn menjadi salah satu tujuan wisata yang populer di Eropa.