Blog
Sejarah Kota Suva
Sejarah Kota Suva

Sejarah Kota Suva: Awal Mula Pendirian dan Perkembangan

Kota Suva adalah ibu kota dari negara Kepulauan Fiji yang terletak di Kepulauan Pasifik Selatan. Kota ini awalnya didirikan pada tahun 1838 oleh Ratu Seru Epenisa Cakobau sebagai ibu kota Kerajaan Fiji yang baru didirikan. Pada awalnya, kota ini dikenal dengan nama Navua, namun kemudian berganti nama menjadi Suva yang berarti "ibu kota" dalam bahasa Fiji.

Perkembangan kota Suva terjadi secara pesat setelah Ratu Cakobau menandatangani perjanjian dengan Inggris pada tahun 1874, yang membuat Fiji menjadi koloni Inggris. Akibatnya, kota Suva pun menjadi pusat pemerintahan dan perdagangan yang penting. Banyak bangunan-bangunan bersejarah dibangun seperti Katedral St. Luke yang menjadi salah satu ikon kota Suva hingga saat ini. Selain itu, kota ini juga menjadi tempat tinggal bagi berbagai etnis yang datang dari berbagai belahan dunia seperti India, Tiongkok, dan Eropa.

Perjalanan Sejarah Kota Suva: Dari Kolonisasi Hingga Masa Kini

Selama masa kolonisasi Inggris, kota Suva mengalami perkembangan yang pesat di bidang ekonomi dan infrastruktur. Pelabuhan yang dibangun di kota ini menjadi pusat aktivitas perdagangan yang penting. Pada tahun 1902, kota ini juga menjadi lokasi dari Universitas Fiji yang didirikan oleh Gereja Anglikan. Namun, pada tahun 1950, pusat pemerintahan dipindahkan ke kota yang baru dibangun, yaitu Suva yang terletak di Viti Levu.

Pada tahun 1970, Fiji memperoleh kemerdekaannya dari Inggris dan kota Suva tetap menjadi ibu kota negara ini hingga saat ini. Seiring dengan perkembangan ekonomi dan pariwisata yang pesat di negara ini, kota Suva pun mengalami pertumbuhan yang signifikan. Banyak bangunan-bangunan modern dibangun seperti pusat perbelanjaan, hotel-hotel mewah, dan gedung perkantoran. Namun, kota ini juga tetap mempertahankan kekayaan budaya dan sejarahnya yang kental, yang membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik bagi para turis yang berkunjung ke Fiji.