Blog
Sejarah Kota St. John?s
Sejarah Kota St. John?s

Sejarah Awal Kota St. John's

Kota St. John's adalah ibu kota dan kota terbesar dari provinsi Newfoundland dan Labrador di Kanada. Kota ini terletak di pesisir timur Kanada dan merupakan salah satu kota tertua di Amerika Utara, yang didirikan pada tahun 1497 oleh John Cabot, seorang penjelajah Inggris. Sejarah awal kota St. John's dimulai dengan kedatangan para penjelajah dan pemukim Eropa yang menetap di kawasan ini pada abad ke-16.

Kota ini mendapatkan namanya dari nama pelindungnya, yaitu St. John the Baptist (St. Yohanes Pembaptis). Pada abad ke-17, kota ini menjadi pusat perdagangan utama bagi kapal-kapal yang berlayar ke dan dari Eropa serta menjadi pusat penangkapan ikan paus yang menghasilkan kekayaan bagi penduduknya. Namun, keberadaan kota ini sempat terancam oleh serangan-serangan dari bangsa Prancis dan Belanda yang ingin merebut kekuasaan atas wilayah ini.

Pada awal abad ke-19, St. John's mengalami kebakaran besar yang menghancurkan sebagian besar kota dan memaksa penduduknya untuk membangun kembali dari awal. Meskipun mengalami beberapa bencana alam seperti gempa bumi dan badai salju yang merusak kota, St. John's terus berkembang menjadi kota yang pesat dengan semakin banyaknya penduduk dan industri yang menetap di sini.

Perkembangan Kota St. John's

Pada tahun 1825, St. John's menjadi ibu kota resmi untuk Newfoundland dan Labrador dan terus berkembang sebagai pusat perdagangan dan ekonomi yang penting. Kota ini juga menjadi pusat bagi sektor pelayanan seperti pendidikan, kesehatan, dan pemerintahan. Pada awal abad ke-20, St. John's menjadi pusat industri perikanan dan pertambangan yang menghasilkan pendapatan yang signifikan bagi kota ini.

Pada tahun 1949, Newfoundland dan Labrador resmi bergabung dengan Kanada dan St. John's tetap menjadi ibu kota provinsi ini. Pada tahun-tahun berikutnya, kota ini terus berkembang dan modernisasi dengan pembangunan gedung-gedung pencakar langit dan infrastruktur yang lebih baik. St. John's juga menjadi tujuan wisata yang populer dengan keindahan alamnya yang menakjubkan dan budaya yang kaya.

Hingga saat ini, St. John's terus menjadi salah satu kota terpenting di Kanada dengan populasi sekitar 108.000 jiwa. Kota ini juga merupakan pusat utama bagi sektor perikanan, minyak dan gas, serta pariwisata. Dengan sejarah yang kaya dan perkembangan yang pesat, St. John's tetap menjadi destinasi yang menarik bagi wisatawan dan tempat yang nyaman untuk tinggal bagi penduduknya.