Blog
Sejarah Kota Sofia
Sejarah Kota Sofia

Sejarah Kota Sofia: Dari Awal Hingga Kini

Kota Sofia merupakan ibu kota dan kota terbesar di Bulgaria yang terletak di lembah Sungai Iskar di wilayah barat daya negara ini. Kota ini merupakan salah satu kota tertua di Eropa, yang dapat ditelusuri sejarahnya hingga lebih dari 7.000 tahun yang lalu. Sejak awal, Sofia telah menjadi pusat peradaban dan perdagangan, yang membuatnya menjadi kota yang kaya akan sejarah dan budaya.

Pada abad ke-8 SM, suku Trakia merupakan penduduk pertama di daerah yang kini dikenal sebagai Sofia. Kemudian pada tahun 29 SM, kota ini menjadi bagian dari Kekaisaran Romawi dan dinamakan Serdica. Di bawah kekuasaan Romawi, kota ini berkembang pesat dan menjadi salah satu pusat perdagangan yang penting di wilayah Balkan. Pada abad ke-4 M, Sofia mulai menjadi pusat sejumlah ajaran agama seperti Kekristenan dan Manikheisme, yang menjadikan kota ini sebagai pusat keagamaan di wilayah tersebut.

Pada abad ke-9 M, Sofia diambil alih oleh Kekaisaran Bulgaria dan dinamakan Sredets. Kota ini mengalami masa keemasan pada masa pemerintahan Tsar Ivan Alexander pada abad ke-14, dan menjadi ibu kota Kekaisaran Bulgaria yang pertama. Namun, pada abad ke-14 hingga ke-19, kota ini berada di bawah kekuasaan Kekaisaran Utsmaniyah. Pada akhir abad ke-19, Sofia bangkit kembali sebagai ibu kota Bulgaria yang merdeka dan mengalami perkembangan pesat sebagai pusat industri dan budaya di negara ini.

Warisan Budaya dan Sejarah Kota Sofia

Sebagai salah satu kota tertua di Eropa, Sofia memiliki banyak warisan budaya dan sejarah yang menarik untuk dijelajahi. Salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi adalah Katedral Alexander Nevsky, yang merupakan salah satu gereja terbesar di dunia yang didedikasikan untuk santo pelindung Rusia. Selain itu, terdapat pula Masjid Banya Bashi yang menjadi simbol keberagaman agama di Sofia.

Kota Sofia juga memiliki sejumlah museum yang mengabadikan sejarah dan budaya Bulgaria. Museum Arkeologi Nasional Sofia menampilkan koleksi benda-benda peninggalan dari zaman prasejarah hingga Romawi, sedangkan Museum Nasional Sejarah Bulgaria menampilkan artefak dari berbagai periode sejarah Bulgaria. Selain itu, terdapat pula Museum Seni Nasional yang menampilkan karya seni dari seniman Bulgaria terkenal.

Sofia juga terkenal dengan berbagai bangunan bersejarah yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Salah satunya adalah Gereja St. George Rotunda, yang dibangun pada abad ke-4 dan merupakan salah satu gereja tertua di kota ini. Selain itu, terdapat pula Istana Kekaisaran yang dibangun pada abad ke-19 dan menjadi salah satu ikon arsitektur neoklasik di Sofia. Dengan begitu banyaknya peninggalan sejarah dan budaya yang masih terjaga, tidak heran jika Sofia menjadi salah satu kota yang paling menarik untuk dikunjungi di Eropa.