Blog
Sejarah Kota Roma
Sejarah Kota Roma

Sejarah Kota Roma: Dari Asal Usul Hingga Kekaisaran Romawi

Kota Roma, atau yang juga dikenal sebagai "Kota Abadi" atau "Kota Eterna", adalah ibu kota Italia dan salah satu kota tertua di dunia. Sejarahnya yang panjang dan kaya telah membuatnya menjadi salah satu kota yang paling penting dan berpengaruh dalam peradaban Barat. Asal usul kota ini dapat ditelusuri kembali ke abad ke-8 SM, ketika para penduduk Etruskan mendirikan pemukiman di atas tujuh bukit di sekitar Sungai Tiber.

Pada abad ke-6 SM, Roma berkembang menjadi sebuah kota yang semakin kuat dan mulai menguasai wilayah sekitarnya. Pada tahun 509 SM, Roma menjadi republik yang dipimpin oleh diktator. Selama masa ini, kota ini menjadi pusat politik dan militer yang penting di Mediterania. Namun, pada abad ke-1 SM, Roma jatuh ke tangan Julius Caesar dan menjadi pusat Kekaisaran Romawi yang besar.

Perjalanan Panjang Kota Eterna: Dari Monarki Hingga Replika Baru

Selama masa kejayaannya sebagai ibu kota Kekaisaran Romawi, Roma menjadi kota yang makmur dan maju secara ekonomi dan budaya. Banyak bangunan megah seperti Colosseum, Pantheon, dan Forum Romawi dibangun pada periode ini. Namun, pada abad ke-5 M, kekaisaran mulai melemah dan pada akhirnya jatuh ke tangan suku Barbarian.

Setelah jatuhnya Kekaisaran Romawi, Roma mengalami berbagai masa kejadian termasuk invasi bangsa barbar, penaklukan oleh Kekaisaran Bizantium, dan akhirnya menjadi bagian dari Kekaisaran Otoman. Pada abad ke-19, kota ini menjadi pusat pergerakan unifikasi Italia dan akhirnya menjadi ibu kota negara pada tahun 1870. Kota ini terus berkembang pesat dan menjadi salah satu kota paling penting di Eropa hingga saat ini. Dengan begitu banyak cagar budaya dan sejarah yang masih dapat dilihat, Roma tetap menjadi salah satu kota yang paling menakjubkan di dunia.