Blog
Sejarah Kota Nassau
Sejarah Kota Nassau

Sejarah Kota Nassau: Dari Permukiman Arawak hingga Pelabuhan Penting di Karibia

Kota Nassau adalah ibukota dari negara kepulauan Bahama yang terletak di Karibia. Sejarah kota ini bermula dari sekitar tahun 990 Masehi ketika suku Arawak pertama kali mendiami pulau ini. Mereka hidup di pesisir dan membangun rumah-rumah dari daun dan kayu. Pada tahun 1492, Christopher Columbus tiba di pulau ini dan menamainya dengan nama "San Salvador". Namun, tidak lama setelahnya, pulau ini diserbu oleh bangsa Spanyol yang mengusir suku Arawak dan menjadikan pulau ini sebagai tempat untuk memperbudak penduduk asli dan mencari emas. Namun, pada tahun 1647, bangsa Inggris berhasil merebut pulau ini dari bangsa Spanyol dan mengubah namanya menjadi "Bahama" yang berasal dari kata "Baja Mar" yang berarti "laut dalam" dalam bahasa Spanyol.

Perkembangan Kota Nassau: Kolonisasi, Penjajahan, hingga Status sebagai Ibukota Bahama

Setelah pulau ini dikuasai oleh Inggris, kolonisasi terus berlanjut dan pulau ini menjadi tempat tinggal bagi para budak yang dibawa dari Afrika untuk bekerja di perkebunan dan industri gula. Pada awal abad ke-18, Kota Nassau mulai dibangun sebagai pusat perdagangan yang penting di Karibia. Para pedagang dari Amerika Utara dan Eropa datang ke kota ini untuk berdagang dengan pulau-pulau di sekitarnya. Kota ini juga menjadi tempat perlindungan bagi bajak laut dan penyelundup yang beroperasi di kawasan Karibia. Namun, pada tahun 1718, kota ini dikuasai oleh bangsa Inggris secara resmi dan menjadi bagian dari jajahan Britania Raya. Pada masa penjajahan, Kota Nassau terus berkembang sebagai pelabuhan penting di Karibia dan menjadi pusat pemerintahan yang penting bagi jajahan ini.

Status sebagai Ibukota Bahama

Setelah Bahama memperoleh kemerdekaannya dari Britania Raya pada tahun 1973, Kota Nassau ditetapkan sebagai ibukota negara ini. Pemerintahan dan parlemen negara ini berada di kota ini dan menjadikannya sebagai pusat politik dan ekonomi. Kota ini juga menjadi tujuan wisata yang populer bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan pulau-pulau di sekitarnya. Dengan berbagai bangunan bersejarah, pasar tradisional, dan pantai yang memikat, Kota Nassau menarik banyak wisatawan setiap tahunnya. Sejarah panjangnya yang bermula dari permukiman suku Arawak hingga menjadi ibukota negara yang maju, menjadikan Kota Nassau sebagai salah satu kota yang penuh dengan keunikan dan pesona di Karibia.