Blog
Sejarah Kota Monaco
Sejarah Kota Monaco

Sejarah Kota Monaco: Dari Pemukiman Kuno Hingga Negara Kaya

Kota Monaco adalah sebuah kota kecil yang terletak di pesisir Laut Mediterania di Eropa Barat. Meskipun ukurannya yang kecil, Kota Monaco memegang peranan penting sebagai pusat keuangan dan pariwisata dunia. Namun, tidak banyak yang mengetahui tentang sejarah yang menarik di balik kota ini.

Menurut catatan sejarah, Kota Monaco telah dihuni sejak zaman prasejarah, namun baru dikenal sebagai pemukiman pada abad ke-6 SM oleh bangsa Liguria. Pada abad ke-8 M, kota ini dikuasai oleh bangsa Saracen sebelum akhirnya dikuasai oleh Kekaisaran Romawi Timur. Pada abad ke-13, Kota Monaco menjadi bagian dari Kepangeranan Genoa sebelum akhirnya menjadi wilayah kekuasaan Keluarga Grimaldi pada tahun 1297 yang masih berkuasa hingga saat ini.

Pada abad ke-19, Kota Monaco mengalami perkembangan yang pesat di bawah kepemimpinan Pangeran Charles III. Ia memperkenalkan undang-undang pajak yang menarik bagi para pengusaha dan investor asing, sehingga membantu membangun kota ini menjadi sebuah pusat keuangan dunia yang kaya dan makmur. Selain itu, kebijakan pariwisata yang diterapkan juga berhasil meningkatkan pemasukan kota ini dan menarik para wisatawan untuk mengunjungi kota ini.

Perkembangan Kota Monaco Sebagai Pusat Pariwisata dan Keuangan Dunia

Kota Monaco terkenal dengan kekayaan dan kemewahan yang dimilikinya. Selain menjadi pusat keuangan dunia, kota ini juga dikenal sebagai tempat yang menarik untuk berlibur. Beberapa tempat yang harus dikunjungi di kota ini adalah istana Pangeran, Katedral St. Nicholas, dan Lapangan Casino Monte Carlo yang terkenal dengan kegiatan balap mobilnya. Selain itu, kota ini juga memiliki pantai yang indah dan marina yang ramai dengan kapal pesiar dan yacht mewah.

Kota Monaco juga dijuluki sebagai "Playground of the Rich" atau taman bermain para kaya. Hal ini karena banyaknya pengusaha dan selebriti yang memilih kota ini sebagai tempat tinggal mereka karena iklim yang menyenangkan dan pajak yang rendah. Selain itu, kota ini juga menjadi tuan rumah berbagai acara mewah seperti Monaco Yacht Show, Monaco Grand Prix, dan Monte Carlo Rally. Semua faktor tersebut menjadikan Kota Monaco semakin terkenal dan diminati oleh para wisatawan dari seluruh dunia.