Blog
Sejarah Kota Mexico City
Sejarah Kota Mexico City

Sejarah Awal Kota Mexico City

Kota Mexico City adalah salah satu kota terbesar di Amerika Latin dan merupakan ibu kota dari negara Meksiko. Kota ini memiliki sejarah yang panjang dan kaya, dimulai dari zaman kuno hingga saat ini. Sejarah awal kota ini dapat ditelusuri kembali ke sekitar tahun 1325 Masehi, ketika kota ini didirikan oleh bangsa Aztec dengan nama Tenochtitlan.

Menurut legenda, bangsa Aztec memilih lokasi untuk kota mereka berdasarkan petunjuk dari dewa mereka, Huitzilopochtli. Dewa tersebut memberitahu mereka untuk membangun kota di tempat yang mereka temukan seekor elang yang sedang memakan ular, di atas sebuah kaktus. Inilah yang menjadi lambang kota Mexico City hingga saat ini. Pada awalnya, kota ini hanya merupakan sebuah pulau kecil di tengah Danau Texcoco, namun dengan perkembangan yang pesat, kota ini dikenal sebagai salah satu kota terbesar di dunia pada saat itu.

Perkembangan dan Peninggalan Sejarah Kota Mexico City

Setelah bangsa Spanyol menginvasi Meksiko pada tahun 1521, kota Tenochtitlan dihancurkan dan dibangun kembali sebagai kota kolonial baru yang dikenal sebagai Kota Meksiko. Kota ini menjadi pusat pemerintahan Spanyol di benua Amerika dan menjadi salah satu kota terbesar di dunia pada abad ke-16. Di bawah kekuasaan Spanyol, kota ini menjadi pusat perdagangan dan kebudayaan yang penting, dengan bangunan-bangunan megah seperti Katedral Metropolitan dan Palacio de Bellas Artes yang masih berdiri hingga saat ini.

Namun, peninggalan sejarah yang paling terkenal dari kota ini adalah reruntuhan kota Tenochtitlan yang ditemukan pada abad ke-20. Penemuan ini memberikan wawasan yang lebih dalam tentang budaya dan kehidupan masyarakat Aztec pada masa lalu. Selain itu, terdapat juga berbagai situs bersejarah lainnya seperti Plaza de las Tres Culturas dan Zona Arqueol?gica del Templo Mayor yang menjadi bukti dari periode Aztec yang berpengaruh dalam sejarah kota ini.

Kesimpulan

Kota Mexico City telah melewati berbagai periode sejarah yang menarik, mulai dari zaman kuno hingga penjajahan Spanyol dan masa kini sebagai ibu kota Meksiko yang modern. Dengan begitu banyak peninggalan sejarah yang masih dapat ditemukan di kota ini, Mexico City menjadi salah satu tujuan wisata yang populer bagi para pengunjung yang tertarik dengan sejarah dan budaya Meksiko. Kota ini juga terus berkembang dengan pesat dan menjadi pusat kegiatan politik, ekonomi, dan sosial di Amerika Latin.