Blog
Sejarah Kota Khartoum
Sejarah Kota Khartoum

Sejarah Awal Kota Khartoum: Dari Permukiman Kecil Hingga Ibukota Sudan

Kota Khartoum adalah ibukota dari Sudan yang terletak di persimpangan Sungai Nil Biru dan Sungai Nil Putih. Kota ini memiliki sejarah yang panjang dan kaya dengan pengaruh dari berbagai kebudayaan yang pernah menghuni wilayah tersebut. Pada awalnya, Khartoum adalah sebuah permukiman kecil yang didirikan oleh suku Funj pada abad ke-16. Permukiman ini terletak di dekat pertemuan Sungai Nil Biru dan Putih, yang strategis untuk perdagangan dan pertahanan.

Pada abad ke-19, Khartoum menjadi pusat kekuasaan Dinasti Turki Usmani yang menguasai wilayah ini. Kemudian, pada tahun 1821, Khartoum diduduki oleh pasukan Mesir pimpinan Muhammad Ali. Di bawah kekuasaan Mesir, kota ini berkembang pesat menjadi pusat perdagangan dan kebudayaan yang penting di Afrika. Namun, pada tahun 1885, Khartoum jatuh ke tangan pemberontak Sudan di bawah kepemimpinan Muhammad Ahmad, yang dikenal sebagai Mahdi. Pada masa ini, kota ini mengalami penindasan dan kehancuran yang besar.

Perkembangan Kota Khartoum: Dari Kolonialisme Hingga Menjadi Pusat Ekonomi dan Politik

Pada awal abad ke-20, Khartoum diduduki oleh kolonial Inggris setelah mereka berhasil mengalahkan pemberontak Mahdi. Pemerintahan Inggris membangun infrastruktur dan memodernisasi kota ini, sehingga Khartoum menjadi pusat ekonomi dan politik yang penting di Afrika Timur. Pada tahun 1956, Sudan memperoleh kemerdekaannya dari Inggris dan Khartoum ditetapkan sebagai ibukota negara.

Sejak saat itu, Khartoum terus berkembang dan menjadi salah satu kota yang paling modern dan maju di Afrika. Berkat lokasinya yang strategis, kota ini menjadi pusat perdagangan dan transportasi yang penting di wilayah Afrika Timur dan Tengah. Selain itu, Khartoum juga menjadi kota yang penting dalam bidang politik dan diplomasi di kawasan tersebut. Banyak kedutaan besar dan organisasi internasional yang bermarkas di kota ini, menjadikannya sebagai pusat kegiatan politik dan diplomatik yang penting di tingkat internasional.