Blog
Sejarah Kota Islamabad
Sejarah Kota Islamabad

Sejarah Awal Pembangunan Kota Islamabad

Pada tahun 1959, pemerintah Pakistan mengalami kebutuhan untuk memiliki ibu kota baru yang lebih modern dan strategis. Pada awalnya, Karachi adalah ibu kota resmi Pakistan, tetapi dengan semakin bertambahnya populasi dan masalah keamanan yang meningkat, pemerintah bermaksud untuk memindahkan ibu kota ke tempat yang lebih aman dan terpusat di negara ini. Setelah melalui pemilihan yang ketat, Islamabad dianggap sebagai lokasi yang ideal karena lokasinya yang strategis dan ketinggiannya yang lebih rendah dibandingkan kota-kota lain di Pakistan.

Pada bulan Agustus 1960, pemimpin Pakistan saat itu, Presiden Ayub Khan, menandatangani dekret untuk memulai pembangunan Kota Islamabad. Proyek ini dipimpin oleh seorang arsitek terkenal dari Yunani bernama Constantinos Doxiadis. Pembangunan kota ini memakan waktu selama 5 tahun dan melibatkan ribuan pekerja yang bekerja tanpa henti untuk mengubah wilayah yang dulunya merupakan lahan pertanian dan hutan menjadi kota yang modern dan maju.

Hari Raya Kemerdekaan Pakistan yang jatuh pada tanggal 14 Agustus 1967 dipilih sebagai hari yang tepat untuk meresmikan Kota Islamabad sebagai ibu kota baru negara ini. Sejarah awal pembangunan kota ini menandakan sebuah peristiwa yang monumental bagi Pakistan dan menjadi bukti kemajuan dan modernisasi yang dilakukan oleh negara ini. Dengan luas wilayah sekitar 906 kilometer persegi, Islamabad menjadi kota terbesar kedua di Pakistan setelah Karachi dan menjadi pusat politik, ekonomi, dan budaya negara ini.

Perkembangan dan Transformasi Kota Islamabad

Sejak awal berdirinya, Kota Islamabad terus mengalami perkembangan dan transformasi yang signifikan. Pembangunan infrastruktur seperti jalan raya, jembatan, dan jaringan transportasi yang modern terus dilakukan untuk memudahkan akses ke berbagai tempat di kota ini. Selain itu, berbagai gedung pemerintahan, hotel, dan pusat perbelanjaan juga dibangun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan fasilitas publik yang berkualitas.

Pada tahun 1980-an, Islamabad menjadi pusat pembangunan ekonomi dan komersial di Pakistan. Banyak perusahaan dan organisasi internasional memilih untuk membuka kantor di kota ini, termasuk Bank Dunia dan Program Pangan Dunia yang memiliki kantor pusat regional di sini. Hal ini menandakan bahwa Islamabad bukan hanya menjadi pusat politik, tetapi juga menjadi pusat perekonomian yang penting di negara ini.

Dengan semakin berkembangnya teknologi dan globalisasi, Kota Islamabad terus berinovasi dan bertransformasi menjadi kota yang lebih modern dan maju. Berbagai proyek pembangunan seperti pembangunan kawasan bisnis, pengembangan kawasan perumahan, dan pengembangan pariwisata terus dilakukan untuk memajukan ekonomi dan menarik investasi asing. Dengan segala potensi yang dimilikinya, Kota Islamabad diharapkan akan terus berkembang dan menjadi salah satu kota paling maju dan modern di Asia Selatan.