Blog
Sejarah Kota Funafuti
Sejarah Kota Funafuti

Sejarah Perkembangan Kota Funafuti

Kota Funafuti adalah ibu kota dari negara kepulauan Tuvalu yang terletak di Samudra Pasifik. Kota ini terletak di pulau Funafuti, yang merupakan salah satu dari 9 pulau yang membentuk negara Tuvalu. Namun, sebelum menjadi ibu kota Tuvalu, Funafuti dahulu merupakan sebuah desa kecil yang hanya dihuni oleh sejumlah penduduk yang bermata pencaharian sebagai nelayan.

Pada tahun 1819, seorang kapten dan pedagang Inggris bernama Thomas E. Best mendarat di pulau Funafuti dan memberikan nama "Ellice's Island" untuk menghormati nama seorang pedagang Inggris lainnya. Selama tahun 1800-an, berbagai negara seperti Inggris, Jerman, dan Amerika Serikat bersaing untuk menguasai kepulauan ini. Pada tahun 1892, Funafuti resmi menjadi bagian dari koloni Inggris dan mulai berkembang sebagai pusat administrasi dan perdagangan di wilayah Pasifik.

Pada tahun 1978, Tuvalu memperoleh kemerdekaan dari Inggris dan Funafuti menjadi ibu kota negara yang baru terbentuk. Sejak saat itu, kota ini mengalami pertumbuhan pesat dengan pembangunan infrastruktur dan fasilitas publik yang lebih baik. Namun, karena terletak di kepulauan yang terancam oleh naiknya permukaan air laut, Funafuti juga menghadapi masalah serius seperti erosi pantai dan kekurangan air bersih.

Fakta-fakta Menarik Tentang Kota Funafuti

  1. Funafuti adalah kota terkecil di dunia yang menjadi ibu kota sebuah negara. Luasnya hanya sekitar 2,4 km? dan dihuni oleh sekitar 6.000 penduduk.

  2. Meskipun memiliki status sebagai ibu kota, Funafuti tidak memiliki bandara internasional. Satu-satunya bandara yang ada hanya melayani penerbangan domestik dan penerbangan charter.

  3. Kota ini merupakan rumah bagi universitas terkecil di dunia, yaitu Universitas South Pacific Centre. Universitas ini hanya memiliki 2 kampus dan menawarkan program pendidikan jarak jauh.

  4. Funafuti adalah tempat terbaik untuk melihat matahari terbenam di Samudra Pasifik. Pantai pesisir yang luas dan bebatuan karang yang indah menjadikan pemandangan matahari terbenam di sini sangat memukau.

  5. Di kota ini terdapat sebuah bangunan yang unik dan menjadi ikon kota, yaitu Gereja Katedral St. Maria. Bangunan ini memiliki bentuk yang menyerupai kapal dan merupakan salah satu tempat ibadah terbesar di Pasifik Selatan.

Demikianlah sejarah singkat dan fakta-fakta menarik tentang kota Funafuti. Meskipun kecil dan terletak di pulau yang terancam, kota ini tetap menjadi pusat kegiatan politik dan sosial bagi negara Tuvalu. Dengan keunikan dan keindahan alamnya, Funafuti juga menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.