Blog
Sejarah Kota Dublin
Sejarah Kota Dublin

Latar Belakang Sejarah Kota Dublin

Dublin adalah ibu kota dan kota terbesar di Republik Irlandia. Kota ini terletak di tepi Laut Irlandia dan mempunyai populasi sekitar 1,2 juta penduduk. Sejarah Dublin dapat ditelusuri hingga kurang lebih tahun 140 d. C. saat kota ini didirikan oleh orang-orang Viking. Namun, ada bukti sejarah yang menunjukkan bahwa kota ini telah dihuni sejak zaman kuno oleh suku-suku Keltik.

Pada abad ke-9, Dublin menjadi tempat yang penting bagi orang-orang Viking yang menguasai kawasan tersebut. Mereka memilih Dublin sebagai pusat perdagangan dan pusat kekuasaan mereka di Irlandia. Kota ini juga dikenal dengan nama Dubh Linn, yang berarti "kolam gelap" dalam bahasa Irlandia, karena letaknya yang berada di sekitar sebuah kolam yang dikelilingi oleh sungai Liffey. Dublin terus berkembang sebagai pusat perdagangan dan menjadi kota yang kaya dan makmur.

Perkembangan dan Pengaruh Sejarah Kota Dublin

Pada abad ke-12, Dublin mulai diperintah oleh Inggris setelah terjadi penaklukan oleh Raja Henry II dari Inggris. Hal ini menyebabkan pengaruh budaya Inggris mulai masuk ke Dublin dan banyak bangunan bergaya Inggris yang dibangun di kota ini. Namun, pada abad ke-16, Dublin jatuh ke tangan orang-orang Inggris yang beragama Protestan dan banyak orang Katolik Irlandia yang mengalami penindasan dan diskriminasi.

Pada abad ke-20, Dublin menjadi pusat pergerakan kemerdekaan Irlandia. Pada tahun 1922, Dublin secara resmi menjadi ibu kota Republik Irlandia yang merdeka setelah memproklamasikan kemerdekaannya dari Inggris. Sejak itu, Dublin terus mengalami perkembangan yang pesat, terutama dalam bidang ekonomi dan pariwisata. Kota ini menjadi tujuan wisata yang populer dengan banyak tempat bersejarah seperti Kastil Dublin, Trinity College, dan Grafton Street yang menjadi daya tarik bagi wisatawan dari seluruh dunia. Sejarah Dublin yang beragam dan berkembang terus menerus telah membuatnya menjadi salah satu kota paling menarik di Eropa.