Blog
Sejarah Kota Canberra
Sejarah Kota Canberra

Sejarah Awal Pembentukan Kota Canberra

Kota Canberra merupakan ibu kota nasional Australia yang terletak di wilayah Tenggara Australia. Kota ini dianggap sebagai salah satu kota paling modern dan maju di dunia dengan jumlah penduduk sekitar 430.000 orang. Namun, di balik kemajuan dan modernitasnya, ternyata Kota Canberra memiliki sejarah yang kaya akan perjalanan pembentukannya.

Pada tahun 1901, wilayah Australia terdiri dari enam koloni terpisah yang mendeklarasikan diri sebagai Federasi Australia. Namun, belum ada kesepakatan mengenai lokasi ibu kota baru untuk Australia. Setelah berbulan-bulan negosiasi, akhirnya tercapai kesepakatan untuk memilih lokasi di tengah-tengah dua kota besar, Sydney dan Melbourne. Pada bulan September 1908, Ibukota Canberra resmi ditetapkan sebagai ibu kota baru Australia oleh parlemen federal. Lokasi yang dipilih berada di wilayah New South Wales dan berbatasan dengan wilayah Victoria.

Selama pembentukannya, Kota Canberra mengalami banyak tantangan, seperti kekurangan infrastruktur dan kondisi geografis yang sulit. Namun, dengan kegigihan dan kerja keras masyarakat, Kota Canberra terus berkembang dan menjadi pusat pemerintahan dan budaya bagi Australia. Pada bulan Maret 1913, proses pembangunan secara resmi dimulai dengan penanaman pohon oleh Gubernur Jenderal Australia, Lord Denman. Proses pembangunan berlangsung selama beberapa dekade dan Kota Canberra resmi diresmikan sebagai ibu kota Australia pada tanggal 12 Maret 1913.

Perkembangan dan Transformasi Kota Canberra

Setelah resmi ditetapkan sebagai ibu kota Australia, Kota Canberra mengalami perkembangan yang pesat. Pemerintah Australia mempercepat pembangunan infrastruktur dan bangunan-bangunan penting, seperti Gedung Parlemen dan Istana Gubernur Jenderal. Kota ini juga menjadi tuan rumah berbagai acara dan konferensi penting, seperti Konferensi Imperial pada tahun 1927 dan Konferensi Kepala Pemerintahan Persemakmuran tahun 1928.

Pada tahun 1957, Kota Canberra semakin berkembang dengan dibangunnya Universitas Nasional Australia. Universitas ini menjadi salah satu universitas terbaik di Australia dan menarik banyak mahasiswa dari seluruh dunia. Selain itu, Kota Canberra juga menjadi pusat seni dan budaya dengan dibangunnya berbagai museum, galeri seni, dan gedung teater yang memperkaya kehidupan budaya masyarakat.

Kini, Kota Canberra terus mengalami transformasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin berkembang. Pemerintah terus berinvestasi untuk meningkatkan infrastruktur, teknologi, dan sektor ekonomi yang menjadi landasan keberhasilan kota ini. Dengan kekayaan sejarahnya dan kegigihan masyarakatnya, Kota Canberra terus bertransformasi menjadi kota yang modern, maju, dan berdaya saing.