Blog
Sejarah Kota Bucharest
Sejarah Kota Bucharest

Mengenal Lebih Jauh tentang Sejarah Kota Bucharest

Kota Bucharest merupakan ibu kota dan kota terbesar di Romania yang memiliki sejarah yang kaya dan menarik. Terletak di tepi Sungai D?mbovi?a, kota ini telah menjadi pusat perdagangan dan budaya sejak berabad-abad yang lalu. Menurut legenda, kota ini didirikan oleh seorang pangeran bernama Bucur yang memberi nama kota ini sesuai namanya. Namun, sejarah resmi kota Bucharest dimulai pada abad ke-15 ketika terjadi penaklukan oleh Kesultanan Utsmaniyah dan berkembang menjadi pusat administratif dan militer.

Kota ini juga memiliki julukan "Little Paris of the East" karena kemiripannya dengan kota Paris, mulai dari arsitektur hingga gaya hidup masyarakatnya yang terpengaruh oleh Prancis. Namun, sejarah kota Bucharest tidak selalu berjalan mulus. Pada awal abad ke-19, kota ini mengalami kebakaran besar yang menghancurkan sebagian besar bangunan bersejarahnya. Namun, kota ini berhasil dibangun kembali dan menjadi pusat keuangan dan industri yang penting di Eropa Tenggara.

Perjalanan Panjang Kota Bucharest dari Masa ke Masa

Pada abad ke-20, kota Bucharest secara dramatis berubah menjadi kota modern dengan gedung-gedung pencakar langit dan infrastruktur yang canggih. Namun, pada tahun 1940-an hingga 1980-an, kota ini berada di bawah pemerintahan komunis yang dipimpin oleh Nicolae Ceau?escu. Pemerintahan ini meninggalkan banyak bekas yang masih bisa dilihat hingga saat ini, seperti Palace of the Parliament yang merupakan gedung parlemen terbesar di dunia.

Setelah jatuhnya pemerintahan komunis pada tahun 1989, kota Bucharest mengalami kemajuan pesat dalam bidang pariwisata dan ekonomi. Bangunan-bangunan bersejarah yang sempat dikosongkan kini telah direnovasi dan menjadi tujuan wisata yang populer. Selain itu, kota ini juga menjadi pusat industri kreatif dan pusat teknologi yang menarik bagi para pengusaha dan investor. Dengan semangat yang terus berkembang, kota Bucharest terus maju dan menjadi salah satu kota yang paling menarik untuk dikunjungi di Eropa Tenggara.