Blog
Sejarah Kota Brasilia
Sejarah Kota Brasilia

Mengenal Lebih Dekat Sejarah Kota Brasilia

Brasilia adalah ibu kota dari negara Brazil yang terletak di Amerika Selatan. Kota ini terkenal karena arsitekturnya yang modern dan unik, membuatnya menjadi salah satu kota yang paling dikenal di dunia. Namun, apakah Anda tahu bagaimana sejarah kota ini dimulai?

Pada tahun 1956, Presiden Brazil saat itu, Juscelino Kubitschek, memutuskan untuk memindahkan ibu kota dari Rio de Janeiro ke sebuah lokasi baru yang terletak di tengah negara. Pada saat itu, ibu kota Brazil tidak lagi mampu menampung pertumbuhan penduduk yang pesat dan kota tersebut juga terletak di pesisir yang rentan terhadap bencana alam seperti banjir dan gempa bumi. Akhirnya, dipilihlah lokasi di tepi selatan Danau Parano? yang merupakan wilayah yang terletak di bagian tengah Brazil yang masih sangat terpencil.

Perjalanan Panjang Menuju Pembangunan Kota Modern

Proses pembangunan kota Brasilia dimulai pada tahun 1957 di bawah arahan arsitek ternama, L?cio Costa. Pada saat itu, konsep dasar yang diusulkan adalah untuk membuat kota yang simetris dengan jalan-jalan yang membentuk pola segitiga yang terinspirasi dari desain kota kuno yang ditemukan di Mesir dan Yunani. Namun, konsep tersebut ditolak oleh arsitek utama yang ditunjuk oleh Juscelino Kubitschek, Oscar Niemeyer. Niemeyer kemudian mengusulkan desain yang lebih modern dan futuristik, yang akhirnya diterima dan menjadi dasar untuk pembangunan kota Brasilia.

Pembangunan kota Brasilia berlangsung dengan sangat cepat, hanya dalam waktu 41 bulan saja kota ini berhasil dibangun dan diresmikan sebagai ibu kota baru pada tanggal 21 April 1960 oleh Presiden Juscelino Kubitschek. Namun, proses pembangunan kota ini tidak berjalan tanpa masalah. Banyak pekerja yang terlibat dalam pembangunan kota ini meninggal karena kecelakaan dan juga ada banyak kritik yang ditujukan terhadap desain dan pembangunan kota ini. Namun, dengan semangat dan tekad yang kuat, kota Brasilia berhasil dibangun dan menjadi salah satu kebanggaan bagi negara Brazil.