Blog
Sejarah Kota Belgrade
Sejarah Kota Belgrade

Sejarah Kota Belgrade: Dari Awal Pemukiman Hingga Era Modern

Kota Belgrade adalah ibukota dan kota terbesar di Serbia yang terletak di persimpangan Sungai Sava dan Danube. Nama "Belgrade" berasal dari kata bahasa Slavia "belo" yang berarti putih dan "grad" yang berarti kota. Sejarah kota ini dapat ditelusuri hingga zaman kuno, di mana daerah ini dihuni oleh bangsa Kelt dan Illyrian. Namun, pemukiman permanen di Kota Belgrade baru dimulai pada abad ke-1 Masehi oleh suku Romawi yang mendirikan kota bernama Singidunum.

Pada abad ke-3 Masehi, Singidunum menjadi sebuah kota penting dan berkembang pesat sebagai pusat perdagangan dan militer di wilayah tersebut. Namun, pada abad ke-5 Masehi, kota ini jatuh ke tangan Kekaisaran Romawi Timur dan kemudian dihancurkan oleh suku Hun. Pada abad ke-9 Masehi, Bangsa Slavia mulai memasuki kawasan ini dan mendirikan kota baru bernama "Belgrade" di dekat reruntuhan Singidunum. Kota ini lalu menjadi bagian dari berbagai kerajaan seperti Kekaisaran Bulgaria, Kerajaan Hongaria, dan Kesultanan Utsmaniyah sebelum akhirnya menjadi bagian dari Kerajaan Yugoslavia pada tahun 1918.

Setelah berbagai perubahan kekuasaan, Kota Belgrade akhirnya menjadi ibukota dari negara yang merdeka bernama Yugoslavia pada tahun 1945. Namun, pada tahun 1991, Yugoslavia mengalami keretakan dan Kota Belgrade menjadi ibukota dari Republik Federal Yugoslavia yang terdiri dari Serbia dan Montenegro. Setelah perpecahan kedua negara tersebut pada tahun 2006, Kota Belgrade menjadi ibukota Serbia. Sekarang, Kota Belgrade telah berkembang menjadi pusat ekonomi, budaya, dan pariwisata di negara ini dengan populasi sekitar 1,7 juta penduduk.

Perkembangan Peradaban dan Budaya di Kota Belgrade Sejak Zaman Kuno

Sejak zaman kuno, Kota Belgrade telah menjadi pusat dari pertukaran budaya dan perdagangan di Eropa Tenggara. Hal ini terlihat dari berbagai peninggalan arkeologi yang ditemukan di kota ini, seperti peninggalan Romawi, Bizantium, dan Utsmaniyah. Selain itu, Kota Belgrade juga menjadi tempat di mana berbagai agama dan kepercayaan bersatu, seperti Kristen, Islam, dan Yahudi.

Selain memiliki warisan budaya yang kaya, Kota Belgrade juga memiliki banyak landmark yang menarik untuk dikunjungi, seperti Kastil Kalemegdan yang dibangun pada abad ke-6 Masehi dan Gereja Ortodoks Saborna yang merupakan salah satu gereja tertua di kota ini. Selain itu, kota ini juga memiliki berbagai museum dan galeri seni yang menampilkan sejarah dan seni dari berbagai periode, seperti Museum Nasional Serbia dan Galeri Seni Modern Belgrade.

Masyarakat Kota Belgrade juga sangat bangga dengan budaya dan tradisi mereka, yang tercermin dalam berbagai festival dan perayaan yang diadakan setiap tahunnya. Beberapa di antaranya adalah Festival Film Internasional Belgrade, Festival Musik Belgrade, dan Parade Tahun Baru yang menampilkan tarian dan musik tradisional Serbia. Dengan kekayaan budaya dan tradisi yang dimiliki, tidak heran jika Kota Belgrade terus menjadi tujuan wisata yang menarik bagi para wisatawan dari seluruh dunia.