Blog
Sejarah Kota Baku
Sejarah Kota Baku

Latar Belakang Sejarah Kota Baku

Kota Baku adalah ibu kota Azerbaijan yang terletak di tepi Laut Kaspia. Kota ini memiliki sejarah yang panjang dan kaya akan budaya yang berasal dari berbagai peradaban yang pernah menguasai wilayah ini. Sejarah Kota Baku dimulai sejak abad ke-5 SM, ketika kota ini didirikan oleh orang-orang Turk yang bermigrasi dari Asia Tengah. Namun, kota ini baru diresmikan sebagai ibu kota Azerbaijan pada tahun 1918 setelah negara ini memperoleh kemerdekaannya dari Kekaisaran Rusia.

Sebagai sebuah kota yang strategis, Kota Baku telah menjadi pusat perdagangan sejak awal berdirinya. Pada abad ke-8, kota ini dikuasai oleh Kekaisaran Arab dan menjadi salah satu kota penting dalam jalur perdagangan antara Asia dan Eropa. Pada abad ke-12, Kota Baku menjadi bagian dari Kekaisaran Azerbaijan dan berkembang pesat sebagai pusat seni, ilmu pengetahuan, dan perdagangan. Namun, pada abad ke-19, kota ini jatuh ke tangan Kekaisaran Rusia dan mengalami penindasan yang berujung pada pengembangan industri minyak yang kemudian membuat Kota Baku menjadi kota terkaya di wilayah Kaukasus.

Perkembangan dan Ciri Khas Kota Baku

Perkembangan Kota Baku terutama dipengaruhi oleh industri minyak yang berkembang pada awal abad ke-20. Pada tahun 1898, minyak pertama kali ditemukan di wilayah ini dan segera setelah itu, kota ini menjadi pusat pengolahan minyak terbesar di dunia. Hal ini membuat Kota Baku menjadi kota modern yang dipenuhi dengan bangunan-bangunan megah dan infrastruktur yang modern. Selain itu, Kota Baku juga terkenal dengan arsitekturnya yang unik, yang memadukan gaya Timur dan Barat. Salah satu contoh yang paling terkenal adalah Istana Shirvanshah, yang merupakan warisan dari Kekaisaran Azerbaijan pada abad ke-12.

Selain industri minyak, Kota Baku juga menjadi pusat pendidikan dan kebudayaan di wilayah Kaukasus. Universitas pertama di Azerbaijan didirikan di Kota Baku pada tahun 1919. Kini, kota ini memiliki banyak universitas dan institusi pendidikan yang terkemuka, serta museum dan gedung-gedung seni yang menampilkan kekayaan budaya Azerbaijan. Kota Baku juga dikenal sebagai kota yang ramah terhadap wisatawan, dengan banyak atraksi wisata yang menarik seperti Taman Kota Baku dan Menara Baku yang menjadi simbol kota ini. Semua ciri khas ini membuat Kota Baku menjadi salah satu kota yang paling menarik untuk dikunjungi di Asia Tengah.