Blog
Sejarah Kota Ankara
Sejarah Kota Ankara

Sejarah Kota Ankara: Asal Usul dan Perkembangannya

Kota Ankara merupakan ibu kota Turki yang terletak di bagian tengah negara tersebut. Kota ini memiliki sejarah yang kaya dan telah menjadi pusat peradaban sejak ribuan tahun yang lalu. Sejarah kota Ankara dimulai pada tahun 1000 SM ketika wilayah ini dikuasai oleh bangsa Hittites. Pada awalnya, kota ini hanya sebuah desa kecil yang dinamakan Ankyra yang berarti "tempat di mana anjing diburu". Namun, seiring berjalannya waktu, kota ini mengalami perkembangan yang pesat dan menjadi salah satu pusat politik, ekonomi, dan budaya terpenting di Anatolia.

Pada abad ke-3 SM, kota Ankara dikuasai oleh Kerajaan Galatia yang merupakan suku bangsa Kelt yang berasal dari Eropa Tengah. Selama masa pemerintahan Galatia, kota ini dikenal sebagai Ankyra Galatia dan menjadi salah satu kota terbesar di wilayah itu. Namun, pada tahun 25 SM, kota Ankara jatuh ke tangan Kekaisaran Romawi dan dijadikan sebagai basis militer strategis. Pada saat itu, kota ini juga dikenal sebagai Angora dan menjadi pusat perdagangan yang penting di wilayah Asia Kecil.

Kejayaan dan Perubahan Kota Ankara dalam Sejarah

Pada abad ke-4 M, Ankara menjadi pusat kekristenan dan banyak gereja serta biara dibangun di kota ini. Namun, kejayaan kota Ankara tidak berlangsung lama karena pada awal abad ke-7, kota ini dikuasai oleh bangsa Persia. Kemudian, pada abad ke-11, kota ini jatuh ke tangan Kesultanan Seljuk dan menjadi salah satu pusat kekuasaan mereka di Anatolia. Selama masa ini, banyak bangunan megah seperti benteng dan masjid dibangun di kota ini.

Pada abad ke-13, Ankara berada di bawah kekuasaan Kekaisaran Mongol dan kemudian dikuasai oleh Kesultanan Utsmaniyah pada abad ke-15. Selama masa kekuasaan Utsmaniyah, Ankara mengalami perkembangan yang pesat dan menjadi salah satu kota terbesar di wilayah tersebut. Namun, pada awal abad ke-20, kota ini menjadi saksi dari kekalahan Kesultanan Utsmaniyah dan ditaklukkan oleh negara Turki modern yang dipimpin oleh Mustafa Kemal Atat?rk. Sejak saat itu, Ankara menjadi pusat pemerintahan dan dijadikan sebagai ibu kota resmi Turki pada tahun 1923. Dengan demikian, perjalanan sejarah kota Ankara yang panjang telah membawanya menjadi salah satu kota terpenting di Turki dan wilayah sekitarnya.