Blog
Rise of Esports: Perjalanan Kompetisi Game Profesional
Rise of Esports: Perjalanan Kompetisi Game Profesional

Perkembangan Esports di Indonesia

Esports, atau kompetisi game profesional, telah menjadi fenomena global yang terus berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Di Indonesia, perkembangan Esports juga tidak kalah menariknya. Sejak pertama kali diperkenalkan pada akhir 2000-an, Esports telah menjadi hobi yang populer di kalangan anak muda Indonesia. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, Esports mulai diakui dan dianggap sebagai industri yang serius dan memiliki potensi ekonomi yang besar.

Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya turnamen Esports yang diadakan di Indonesia, baik itu oleh pemerintah, perusahaan game, maupun komunitas penggemar game. Bahkan, pada tahun 2018, Indonesia menjadi tuan rumah untuk ajang turnamen Esports bergengsi, Asian Games, yang menampilkan permainan seperti League of Legends, Arena of Valor, dan Pro Evolution Soccer. Acara ini berhasil menarik perhatian masyarakat dan menunjukkan potensi besar Esports di Indonesia.

Dari Hobi ke Profesi: Perjalanan Esports

Dulu, bermain game hanya dianggap sebagai hobi yang tidak berguna dan dianggap hanya dapat menyita waktu belaka. Namun, dengan semakin berkembangnya Esports, pandangan tersebut mulai berubah. Banyak pemain game yang awalnya hanya bermain untuk hobi, kini berhasil mengubah hobinya menjadi karir yang sukses. Para pemain Esports ini tidak hanya mendapatkan penghasilan yang besar dari turnamen, tetapi juga mendapatkan sponsor dan kontrak dari tim Esports yang mereka bela.

Para pemain Esports juga tidak hanya bermain game secara individu, tetapi juga dalam tim yang terstruktur dan profesional. Mereka berlatih dengan jam kerja yang ketat, memiliki pelatih dan manajer, serta berpartisipasi dalam turnamen dan liga Esports yang diadakan secara rutin. Selain itu, banyak juga universitas yang mulai menawarkan program studi atau beasiswa khusus untuk mahasiswa yang berminat menjadi pemain Esports, sehingga semakin memperkuat perjalanan Esports dari hobi menjadi profesi yang diakui.

Peran Pemerintah dalam Perkembangan Esports

Pemerintah juga memiliki peran yang penting dalam perkembangan Esports di Indonesia. Pada tahun 2019, pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah memperkenalkan rencana untuk membentuk federasi Esports nasional, yang akan menjadi wadah bagi pemain dan penggemar game untuk berkumpul dan berpartisipasi dalam turnamen yang diakui secara resmi. Selain itu, pemerintah juga telah memberikan dukungan melalui program-program seperti beasiswa dan pengembangan infrastruktur untuk mendukung pertumbuhan industri Esports di Indonesia.

Dengan perkembangan yang sangat pesat dan dukungan yang semakin besar dari berbagai pihak, Esports di Indonesia semakin menjanjikan dan dapat menjadi karir yang menjanjikan bagi pemain dan penggemar game. Semoga perkembangan Esports tidak hanya memberikan manfaat secara ekonomi, tetapi juga dapat membangkitkan semangat persaingan sehat dan mempererat silaturahmi antara pemain dan penggemar game di Indonesia.