Blog
Plato: Philosopher and Student of Socrates
Plato: Philosopher and Student of Socrates

Mengenal Plato: Filosof dan Murid Socrates

Plato adalah salah satu filosof terbesar dalam sejarah dunia yang dikenal sebagai murid terbaik dari Socrates. Ia lahir pada tahun 428 atau 427 SM di Athena, Yunani. Ayahnya, Ariston, merupakan seorang aristokrat dan ibunya, Periktione, berasal dari keluarga terpandang di Athena. Sejak awal, Plato telah menunjukkan bakatnya dalam bidang seni dan olahraga, namun pada akhirnya ia memilih untuk mengikuti jejak ayahnya dan menjadi seorang filosof.

Perjalanan Hidup Plato: Dari Murid Socrates Hingga Filosof Terkenal

Plato belajar di Akademi, sebuah sekolah yang didirikan olehnya sendiri pada tahun 387 SM. Di sana, ia mengembangkan pemikirannya yang menggabungkan idealisme dan realisme. Selain itu, Plato juga menulis banyak karya yang menjadi dasar dari filsafat Barat, seperti "Republik" dan "Negara Ideal". Namun, kebanyakan pemikiran Plato didasarkan pada ajaran gurunya, Socrates. Ia seringkali menggunakan dialog dan pertanyaan untuk menggali kebenaran, seperti yang dilakukan oleh Socrates.

Plato juga merupakan seorang yang sangat terkenal dan dihormati di zamannya. Ia memiliki banyak murid, termasuk yang paling terkenal adalah Aristoteles, yang juga kemudian menjadi seorang filosof terkemuka. Selain itu, Plato juga memiliki pengaruh yang besar terhadap para pemimpin politik di Athena, meskipun ia sendiri tidak terlalu tertarik dengan politik. Namun, kebanyakan dari pemikirannya tentang negara ideal dan keadilan masih relevan hingga saat ini dan menjadi bahan diskusi yang penting dalam bidang politik dan filsafat. Plato meninggal pada tahun 348 atau 347 SM di Athena, namun warisannya sebagai seorang filosof yang brilian dan murid terbaik Socrates tetap hidup hingga saat ini.