Blog
Masa Kejayaan Bizantium: Kekaisaran Romawi Timur
Masa Kejayaan Bizantium: Kekaisaran Romawi Timur

Bizantium merupakan salah satu kekaisaran terbesar dan terkuat di dunia pada masa keemasannya. Berdiri pada abad ke-4 Masehi, kekaisaran ini terbentuk setelah Kekaisaran Romawi terbagi menjadi dua wilayah, yakni Romawi Barat dan Romawi Timur. Bizantium atau dikenal juga sebagai Kekaisaran Romawi Timur, berkembang menjadi sebuah kekuatan besar di wilayah Timur yang dikenal sebagai wilayah Mediterania Timur dan Balkan. Masa kejayaan Bizantium terjadi selama lebih dari 1000 tahun dan meninggalkan jejak kekuasaan yang megah serta peninggalan-peninggalan bersejarah yang masih bisa kita saksikan hingga saat ini.

Masa kejayaan Bizantium dimulai pada abad ke-6 hingga abad ke-12 Masehi. Pada masa ini, kekaisaran ini memperluas wilayah kekuasaannya hingga mencakup sebagian besar Eropa Timur, Asia Kecil, dan sebagian besar wilayah Mediterania Timur. Keberhasilan Bizantium dalam menguasai wilayah-wilayah tersebut tidak lepas dari kebijakan politik yang cerdas, pemerintahan yang stabil, dan sistem pertahanan yang kuat. Selain itu, kekaisaran ini juga dikenal sebagai pusat perdagangan yang ramai dan berkembang pesat, terutama di kota Konstantinopel yang menjadi ibu kota kekaisaran.

Jejak kekuasaan Bizantium di wilayah Timur juga terlihat dari kemajuan dalam bidang seni dan budaya. Pada masa kejayaannya, Bizantium menjadi pusat kegiatan seni dan kebudayaan yang berpengaruh di dunia. Seni dan arsitektur Bizantium yang kaya akan hiasan-hiasan indah dan megah, dapat kita lihat pada bangunan-bangunan seperti Basilika St. Sofia dan Gereja Chora yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Selain itu, kekaisaran ini juga memperkenalkan seni mosaik yang dianggap sebagai seni yang sangat indah dan mempesona. Jejak kekuasaan Bizantium di bidang seni dan budaya ini juga masih terlihat pada seni rupa dan arsitektur di berbagai negara Eropa Timur yang pernah menjadi bagian dari kekaisaran ini.