Blog
Makanan Khas Negara Sao Tome  Principe
Makanan Khas Negara Sao Tome Principe

Sejarah dan Asal Usul Makanan Khas Negara Sao Tome & Principe

Sao Tome & Principe adalah sebuah negara kepulauan di Afrika Tengah yang terkenal dengan kekayaan alamnya, termasuk juga makanan khasnya. Makanan khas Negara Sao Tome & Principe dipengaruhi oleh berbagai budaya yang pernah berdiam di pulau ini, seperti budaya Portugis, Afrika, dan Amerika Selatan. Sejarah makanan khas negara ini bermula dari abad ke-15 ketika bangsa Portugis pertama kali datang ke pulau ini dan membawa berbagai bahan makanan dan rempah-rempah dari benua lain. Sejak saat itu, makanan khas negara ini terus mengalami perkembangan dan menjadi bagian penting dalam kebudayaan Sao Tome & Principe.

Salah satu makanan khas Negara Sao Tome & Principe yang terkenal adalah "Calulu". Calulu adalah sebuah hidangan yang terbuat dari ikan, sayuran dan rempah-rempah yang dimasak dengan cara dikukus. Makanan ini sangat populer di negara ini dan biasanya disajikan saat acara-acara khusus seperti pernikahan, pesta dan festival. Asal usul Calulu berasal dari tradisi makan ikan air tawar yang dilakukan oleh suku-suku asli di pulau ini. Namun, dengan pengaruh Portugis, makanan ini kemudian dikembangkan dengan penambahan sayuran seperti terong, kacang panjang dan wortel serta bumbu-bumbu seperti bawang putih, cabai dan tomat.

Ragam dan Keunikan Makanan Khas Negara Sao Tome & Principe

Selain Calulu, Negara Sao Tome & Principe juga memiliki berbagai makanan khas lain yang unik dan lezat. Salah satunya adalah "Feij?o de S?o Tom?", sebuah hidangan yang terbuat dari kacang merah yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah. Makanan ini mirip dengan masakan Asia Tenggara seperti gulai atau rendang, namun dengan rasa yang lebih khas dan unik. Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi putih dan bisa menjadi hidangan utama untuk masyarakat setempat.

Selain itu, Negara Sao Tome & Principe juga terkenal dengan kopi kualitas terbaiknya. Kopi merupakan salah satu komoditas utama negara ini dan sudah menjadi bagian dari kebudayaan masyarakatnya. Tanaman kopi ditanam di berbagai daerah di pulau ini dan dipetik secara manual oleh petani lokal. Kopi dari Negara Sao Tome & Principe memiliki aroma yang khas dan menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Banyak wisatawan yang datang ke negara ini untuk mencoba kopi khasnya dan membelinya sebagai oleh-oleh.

Makanan khas Negara Sao Tome & Principe juga terkenal dengan penggunaan bahan-bahan alami dan segar. Hal ini karena negara ini masih sangat bergantung pada pertanian dan perikanan sebagai mata pencaharian utama. Banyak makanan tradisional diproduksi secara homemade dan masih menggunakan bahan-bahan yang dihasilkan oleh masyarakat setempat. Ini membuat makanan khas negara ini menjadi unik dan otentik, dan tidak bisa ditemukan di tempat lain. Dengan berbagai ragam dan keunikan makanan khasnya, Negara Sao Tome & Principe menjadikan kuliner sebagai salah satu daya tarik utama bagi wisatawan yang datang ke negara ini.