Blog
Makanan Khas Negara Moldova
Makanan Khas Negara Moldova

Mengenal Makanan Khas Negara Moldova

Negara Moldova merupakan sebuah negara kecil yang terletak di Eropa Timur. Meskipun ukurannya kecil, namun Moldova memiliki kekayaan budaya dan tradisi yang beragam, termasuk dalam bidang kuliner. Makanan khas Moldova memiliki pengaruh dari berbagai negara seperti Rumania, Turki, dan Rusia. Namun, makanan khas Moldova memiliki cita rasa yang unik dan berbeda dari negara-negara tetangganya.

Salah satu makanan khas Moldova yang terkenal adalah sup borscht. Sup ini terbuat dari campuran daging, sayuran, dan rempah-rempah yang dimasak dalam kaldu daging. Daging yang biasa digunakan adalah daging sapi atau babi. Namun, yang membuat sup borscht khas Moldova adalah penggunaan rempah-rempah seperti paprika dan bay leaves yang memberikan rasa yang khas dan sedikit pedas. Sup borscht sering disajikan dengan acar dan roti sebagai pelengkap.

Selain sup borscht, ada juga hidangan nasional Moldova yang disebut mamaliga. Hidangan ini terbuat dari tepung jagung dan dimasak mirip seperti nasi. Mamaliga sering disajikan dengan daging panggang atau saus tomat sebagai lauk. Rasanya yang gurih dan agak kering membuat hidangan ini menjadi favorit di kalangan masyarakat Moldova. Hidangan ini juga sering dijadikan sebagai pengganti roti atau nasi dalam hidangan utama.

Ragam dan Keunikan Makanan Tradisional Moldova

Selain sup borscht dan mamaliga, masih ada banyak makanan khas Moldova yang unik dan memiliki rasa yang lezat. Contohnya adalah sarmale, hidangan yang terbuat dari daging cincang yang dibungkus dengan daun kubis dan dimasak dengan saus tomat. Hidangan ini sering disajikan dalam acara-acara khusus seperti pernikahan atau hari raya.

Terdapat juga hidangan penutup khas Moldova yang disebut pl?cint?. Hidangan ini merupakan sejenis pie yang terbuat dari adonan tepung dan diisi dengan berbagai macam bahan seperti keju, buah-buahan, atau daging cincang. Pl?cint? sering disajikan sebagai hidangan penutup atau camilan di sore hari. Rasanya yang manis dan teksturnya yang renyah membuatnya menjadi favorit di kalangan anak-anak maupun orang dewasa.

Tidak hanya itu, makanan khas Moldova juga memiliki keunikan dalam cara penyajiannya. Hidangan seperti sup borscht dan mamaliga biasanya dihidangkan dalam piring khas yang terbuat dari tanah liat yang disebut ceramica. Piring ini memberikan sentuhan rustik dan tradisional dalam menyantap makanan khas Moldova. Selain itu, ada juga hidangan yang disajikan dengan cara dihidangkan langsung di atas meja, seperti hidangan daging panggang yang dikenal sebagai mici.

Secara keseluruhan, makanan khas Negara Moldova menawarkan ragam dan keunikan yang tidak boleh dilewatkan. Dari sup borscht yang gurih hingga mamaliga yang kering, makanan khas Moldova membawa cita rasa yang khas dan sarat dengan budaya dan tradisi. Jadi, jika Anda berkesempatan untuk berkunjung ke Moldova, jangan lupa mencicipi berbagai makanan khasnya yang pasti akan memanjakan lidah Anda.