Blog
Makanan Khas Negara Finlandia
Makanan Khas Negara Finlandia

Asal-Usul dan Sejarah Makanan Khas Negara Finlandia

Makanan khas negara Finlandia memiliki keunikan dan kelezatan yang tidak dapat ditemukan di negara-negara lain. Hal ini tidak mengherankan mengingat Finlandia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman alam. Makanan khas di negara ini umumnya terinspirasi dari bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar mereka, seperti ikan, daging rendah lemak, kentang, dan berbagai jenis buah-buahan yang tumbuh subur di musim panas. Namun, bagaimana sebenarnya asal-usul dan sejarah makanan khas negara ini?

Makanan khas Finlandia banyak dipengaruhi oleh kebudayaan Viking dan Rusia yang menduduki wilayah ini pada abad ke-9 hingga abad ke-12. Hal ini dapat dilihat dari jenis-jenis makanan tradisional yang menggunakan bahan-bahan seperti ikan, daging, dan kentang yang biasa ditemukan di negara-negara Nordik. Selain itu, pengaruh dari Rusia juga terlihat pada penggunaan bahan-bahan seperti garam, rempah-rempah, dan roti yang umumnya digunakan dalam masakan Rusia yang juga populer di Finlandia. Seiring dengan perkembangan zaman, makanan khas Finlandia juga mengalami perkembangan dan penyesuaian yang membuatnya semakin unik dan menggugah selera.

Jenis-Jenis dan Cara Membuat Makanan Khas Negara Finlandia

Salah satu hidangan yang paling terkenal di Finlandia adalah Kalakukko, yaitu sebuah roti yang diisi dengan ikan salmon dan daging babi serta dipanggang di dalam oven. Hidangan ini berasal dari wilayah Savo di Finlandia Timur dan sudah ada sejak abad ke-17. Cara membuatnya adalah dengan menggiling ikan salmon dan daging babi hingga halus, kemudian ditambahkan rempah-rempah seperti garam, lada, dan bawang putih. Adonan ini lalu dimasukkan ke dalam roti yang sudah diberi lubang di bagian tengahnya dan dipanggang hingga matang.

Selain itu, Lihapullat atau daging cincang juga merupakan hidangan yang populer di Finlandia. Hidangan ini terbuat dari daging sapi cincang yang dicampur dengan tepung roti, telur, dan rempah-rempah seperti lada, garam, dan peterseli. Adonan ini dibentuk menjadi bola-bola kecil dan dipanggang atau digoreng hingga matang. Daging cincang ini biasanya disajikan dengan saus krim dan lingonberry, sebuah buah yang tumbuh subur di musim panas di negara ini.

Inovasi Makanan Khas Finlandia

Seiring dengan perkembangan zaman, makanan khas Finlandia mengalami inovasi yang membuatnya semakin menarik dan unik. Salah satu contohnya adalah Karjalanpiirakka, yaitu sebuah pie atau kue yang terbuat dari tepung gandum dan diisi dengan bubur nasi gurih. Hidangan ini awalnya berasal dari wilayah Karelia yang merupakan bagian dari Finlandia dan Rusia. Namun, kini Karjalanpiirakka telah menjadi hidangan yang populer di seluruh Finlandia dan sering dijadikan sebagai sarapan atau camilan.

Selain itu, makanan khas Finlandia juga telah mengalami pengaruh dari masakan internasional seperti sushi yang telah diadaptasi menjadi "sushi Finlandia". Hidangan ini terbuat dari ikan salmon dan aneka sayuran yang dihias dengan cantik dan disajikan dengan saus keju. Inovasi-inovasi seperti ini menunjukkan bahwa makanan khas Finlandia terus berkembang dan menjadi semakin beragam, namun tetap mempertahankan ciri khas dan cita rasa yang khas dari negara ini.