Blog
Makanan Khas Negara Chile
Makanan Khas Negara Chile

Sejarah Makanan Khas Negara Chile

Makanan khas negara Chile merupakan hasil dari perpaduan budaya Spanyol, Mapuche, dan Inca yang mendominasi negara tersebut. Sejak kedatangan bangsa Spanyol pada abad ke-16, banyak bahan makanan baru seperti beras, gandum, dan daging diperkenalkan ke negara ini. Namun, makanan khas Chile sebagian besar berasal dari masakan Mapuche, suku asli yang tinggal di wilayah selatan Chile. Mereka memiliki tradisi memasak makanan dengan menggunakan batu panas, yang kemudian diadopsi dan dikembangkan oleh bangsa Spanyol.

Salah satu makanan khas yang paling terkenal dari Chile adalah asado, yaitu daging panggang yang biasanya disajikan dengan kentang panggang dan salad. Makanan ini berasal dari tradisi masakan Mapuche yang menggunakan api untuk memanggang daging di atas batu panas. Namun, asado yang populer saat ini telah mengalami banyak modifikasi dan dapat ditemukan di restoran-restoran di seluruh Chile.

Selain itu, makanan khas Chile yang juga sangat terkenal adalah pastel de choclo. Makanan ini terbuat dari jagung manis yang dihaluskan dan dicampur dengan daging cincang, bawang, telur, dan kacang merah. Kemudian, adonan tersebut dipanggang di atas loyang dan disajikan dengan salad dan irisan telur di atasnya. Pastel de choclo merupakan salah satu hidangan tradisional yang sering disajikan pada acara-acara keluarga atau perayaan di Chile.

Ragam Kuliner Terkenal dari Chile

Selain asado dan pastel de choclo, terdapat banyak lagi kuliner terkenal dari Chile yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi negara ini. Satu di antaranya adalah empanadas, yaitu pastel berisi daging, telur, kacang merah, dan bawang yang dibungkus dengan kulit pastel yang tipis. Empanadas ini biasanya dijual di pasar atau restoran-restoran kecil di seluruh Chile.

Selain itu, ada juga cazuela, yaitu sup khas Chile yang terbuat dari daging sapi, kentang, wortel, dan sayuran lainnya. Cazuela biasanya disajikan dengan nasi dan roti. Selain itu, terdapat juga humitas, yaitu makanan yang terbuat dari jagung manis yang dihaluskan, dibumbui, dan dibungkus dengan daun jagung, lalu dikukus atau dipanggang. Humitas ini sering disajikan sebagai makanan pembuka atau camilan di Chile.

Tidak hanya itu, ada juga makanan penutup khas Chile yang sangat terkenal, yaitu alfajor. Alfajor adalah kue yang terbuat dari dua lapisan kue kering yang diisi dengan karamel dan ditaburi dengan gula bubuk. Kue ini sangat populer di Chile dan dapat ditemukan di toko-toko kue di seluruh negara. Dengan begitu banyak pilihan kuliner yang lezat dan unik, tidak heran jika Chile menjadi salah satu tujuan wisata kuliner yang populer di Amerika Selatan.