Blog
Makanan Khas Kota Vatican City
Makanan Khas Kota Vatican City

Makanan Khas dari Kota Vatikan yang Wajib Dicoba

Kota Vatikan, yang merupakan pusat kekuasaan Gereja Katolik di dunia, juga merupakan tempat yang kaya akan budaya dan tradisi. Salah satu aspek budaya yang paling menarik adalah makanan khas yang dimiliki oleh kota ini. Meskipun wilayahnya kecil, namun Vatikan memiliki banyak hidangan yang menggugah selera dan menjadi favorit bagi para pengunjung. Berikut adalah beberapa makanan khas dari Kota Vatikan yang wajib dicoba.

Salah satu makanan khas yang paling terkenal dari Kota Vatikan adalah sup zuppa di pesce (sup ikan). Sup ini terbuat dari bahan-bahan segar seperti ikan laut, tomat, bawang putih, dan rempah-rempah seperti basil dan oregano. Rasanya yang kaya dan segar membuatnya menjadi hidangan yang sempurna untuk dinikmati di musim panas. Sup zuppa di pesce ini juga sering disajikan dengan roti yang digoreng atau dipanggang, yang menambah tekstur dan rasa yang lebih kaya. Tidak heran jika hidangan ini menjadi favorit di antara para wisatawan yang mengunjungi Kota Vatikan.

Selain sup zuppa di pesce, makanan khas lainnya yang wajib dicoba adalah pasta amatriciana. Hidangan ini terdiri dari pasta dengan saus tomat yang kaya dan pedas, yang biasanya diisi dengan daging babi dan keju pecorino. Pasta amatriciana adalah hidangan yang sederhana namun memiliki rasa yang lezat. Saus tomatnya yang pedas dan gurih, dipadukan dengan daging babi yang garing dan keju yang gurih, membuatnya menjadi hidangan yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi Kota Vatikan. Banyak restoran dan kafe di Vatikan yang menyajikan hidangan ini, sehingga mudah untuk menemukannya dan mencicipinya.

Kelezatan Kuliner Tradisional di Kota Vatikan yang Menggugah Selera

Kuliner tradisional di Kota Vatikan merupakan perpaduan yang sempurna antara cita rasa Italia dan pengaruh dari Gereja Katolik. Selain sup zuppa di pesce dan pasta amatriciana, ada juga hidangan lain yang menjadi ikonik dari kota ini, yaitu pizza al taglio atau lebih dikenal sebagai pizza Romana. Pizza ini berbeda dari pizza yang biasa kita temukan di Italia, karena bentuknya lebih mirip dengan focaccia, dengan lapisan tipis dan renyah di bagian atas. Pizza al taglio sering disajikan dengan berbagai macam topping seperti keju, sayuran, dan daging, dan menjadi pilihan yang populer di antara penduduk lokal.

Tidak hanya hidangan utama, Kota Vatikan juga memiliki banyak pilihan makanan penutup yang patut untuk dicicipi. Salah satunya adalah gelato, es krim ala Italia yang terkenal di seluruh dunia. Gelato yang dijual di Vatikan memiliki rasa yang autentik dan tidak kalah lezat dengan yang dijual di tempat lain. Selain itu, ada juga tiramisu yang merupakan hidangan penutup khas Italia yang terbuat dari lapisan kue ladyfinger yang dicelupkan ke dalam kopi dan kemudian diisi dengan krim keju mascarpone. Tiramisu yang disajikan di Kota Vatikan memiliki cita rasa yang unik dan tentunya tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi kota ini.

Kota Vatikan bukan hanya tempat untuk menemukan kekayaan seni dan arsitektur yang luar biasa, tetapi juga tempat yang menawarkan kelezatan kuliner tradisional yang menggugah selera. Dengan berbagai macam hidangan yang ditawarkan, pengunjung dapat merasakan kekayaan budaya dan tradisi yang dimiliki oleh kota yang sangat kecil namun kaya ini. Jadi, saat mengunjungi Kota Vatikan, jangan lupa untuk mencicipi makanan khasnya yang pasti akan meninggalkan kenangan yang tak terlupakan.