Blog
Makanan Khas Kota Ulaanbaatar
Makanan Khas Kota Ulaanbaatar

Memperkenalkan Makanan Khas Kota Ulaanbaatar

Ulaanbaatar, ibu kota Mongolia, tidak hanya dikenal dengan keindahan alam dan budayanya yang kaya, tetapi juga dengan makanan khasnya yang lezat. Makanan khas ini merupakan perpaduan dari pengaruh budaya Mongolia dan Tiongkok, serta adaptasi dari bahan-bahan lokal yang melimpah. Berbagai makanan khas ini dapat ditemukan di berbagai restoran dan kafe di seluruh kota, sehingga pengunjung dapat dengan mudah menikmati kelezatan kuliner tradisional Ulaanbaatar.

Salah satu makanan khas yang paling terkenal di Ulaanbaatar adalah khorkhog. Makanan ini terbuat dari daging kambing atau domba yang dimasak dengan cara dipanggang di dalam panci batu yang dipanaskan dengan batu bara. Proses memasak yang memakan waktu cukup lama membuat dagingnya menjadi sangat empuk dan berisi rasa yang kaya. Biasanya, khorkhog disajikan di atas piring kayu dengan sayuran seperti kentang, wortel, dan bawang putih yang juga dimasak bersama daging. Rasanya yang unik dan proses memasak yang unik membuat khorkhog menjadi salah satu makanan khas yang wajib dicoba di Ulaanbaatar.

Selain itu, makanan khas lainnya yang tidak boleh dilewatkan adalah buuz. Makanan ini mirip dengan dumpling di Tiongkok, tetapi memiliki rasa yang berbeda. Buuz terbuat dari adonan tepung yang diisi dengan daging kambing atau domba yang sudah dibumbui dan dibungkus dengan cara yang khas. Kemudian, buuz dikukus hingga matang dan disajikan dengan saus pedas. Buuz menjadi salah satu makanan khas yang paling populer di Ulaanbaatar dan sering disajikan di berbagai acara seperti pernikahan, pesta, dan festival. Dengan berbagai perbedaan rasa yang unik dan proses pembuatannya yang rumit, buuz merupakan makanan khas yang tidak boleh dilewatkan bagi pengunjung yang ingin merasakan kelezatan kuliner tradisional Ulaanbaatar.