Blog
Makanan Khas Kota Suva
Makanan Khas Kota Suva

Kuliner Khas Kota Suva yang Wajib Dicoba

Kota Suva, ibu kota Fiji, terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan. Namun, selain pemandangan yang memukau, kota ini juga memiliki kekayaan kuliner yang tidak kalah menarik. Makanan khas Kota Suva merupakan perpaduan dari berbagai budaya yang ada di Fiji, sehingga menciptakan rasa yang unik dan beragam. Inilah 5 hidangan tradisional yang wajib dicoba jika Anda berkunjung ke Kota Suva.

5 Hidangan Tradisional yang Menggugah Selera di Kota Suva

  1. Kokoda

Kokoda adalah hidangan khas Fiji yang terbuat dari potongan ikan tuna segar yang direndam dalam jus lemon atau jeruk nipis. Kemudian, ikan tersebut dicampur dengan bawang bombay, cabai, dan santan kelapa. Hidangan ini umumnya disajikan sebagai hidangan pembuka dan memiliki rasa asam segar yang sangat menggugah selera.

  1. Lovo

Lovo adalah hidangan tradisional yang sangat populer di Fiji, termasuk Kota Suva. Hidangan ini terdiri dari daging babi, ayam, atau ikan yang dibungkus dalam daun pisang dan dipanggang dalam lubang yang dipanaskan dengan batu-batuan dan kayu bakar. Proses memasak yang membutuhkan waktu lama ini menciptakan cita rasa yang khas dan daging yang sangat lembut.

  1. Roti Paratha

Roti Paratha adalah roti lembut yang terbuat dari tepung gandum yang digulung hingga tipis, kemudian dilipat dan dipanggang. Roti ini adalah salah satu makanan wajib di Kota Suva karena memiliki rasa yang lezat dan tekstur yang unik. Roti Paratha biasanya disajikan dengan kari kambing atau daging sapi yang kaya akan rempah-rempah.

  1. Cassava Cake

Cassava Cake adalah hidangan penutup yang terbuat dari tepung singkong yang dicampur dengan gula, santan, dan telur. Hidangan ini kemudian dipanggang hingga matang dan memiliki tekstur yang lembut serta rasa yang manis. Cassava cake sering dijadikan sebagai hidangan penutup tradisional dalam acara-acara khusus di Kota Suva.

  1. Palusami

Palusami adalah hidangan yang terbuat dari daun talas yang dibungkus dengan santan kelapa dan ikan. Hidangan ini kemudian dipanggang hingga matang dan memiliki rasa yang gurih serta tekstur yang lembut. Palusami sering dianggap sebagai simbol kebersamaan dan sering disajikan dalam acara khusus seperti pernikahan atau pesta adat di Kota Suva.

Kota Suva tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, tetapi juga memiliki kuliner yang kaya akan cita rasa dan tradisi. Jika Anda berkunjung ke kota ini, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi 5 hidangan tradisional yang telah disebutkan di atas. Selamat menikmati!