Blog
Makanan Khas Kota Nur-Sultan
Makanan Khas Kota Nur-Sultan

"Kuliner Khas Kota Nur-Sultan: Menikmati Kelezatan Tradisional"

Kota Nur-Sultan, ibukota Kazakhstan yang terletak di kawasan Asia Tengah, tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya yang menawan, tetapi juga dengan kelezatan kuliner khasnya. Kota ini memiliki banyak makanan tradisional yang kaya akan rasa, aroma, dan tekstur yang unik. Berbagai pengaruh budaya seperti Mongolia, Rusia, dan Asia Tengah, membuat makanan khas Kota Nur-Sultan memiliki cita rasa yang beragam dan memanjakan lidah para pengunjung.

Salah satu makanan khas yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Kota Nur-Sultan adalah manty. Manty adalah dumpling yang diisi dengan daging cincang, bawang, dan kentang. Makanan ini kemudian dikukus dan biasanya disajikan dengan potongan seledri dan saus tomat. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang kenyal membuat manty menjadi hidangan yang sangat disukai oleh masyarakat setempat maupun wisatawan. Selain itu, manty juga sering dihidangkan dalam acara-acara besar seperti pernikahan dan Hari Raya.

"Mengenal Ragam Makanan Khas Kota Nur-Sultan yang Wajib Dicoba"

Selain manty, ada juga makanan khas lainnya yang wajib dicoba ketika berada di Kota Nur-Sultan, yaitu beshbarmak. Beshbarmak adalah hidangan berupa mie gandum yang disajikan dengan potongan daging kuda, domba, atau sapi yang diberi kuah kaldunya. Hidangan ini biasanya disantap dengan menggunakan tangan dan diklaim sebagai hidangan nasional Kazakhstan. Makanan ini memiliki rasa yang gurih dan kaya akan rempah-rempah, serta merupakan pilihan yang tepat untuk menghangatkan tubuh di musim dingin yang sangat dingin di Kota Nur-Sultan.

Selain itu, bagi pecinta makanan manis, tidak ada yang lebih cocok untuk dicoba selain baursaks. Baursaks adalah roti tradisional Kazakhstan yang biasanya disajikan bersama teh atau susu hangat. Roti ini berbentuk segitiga atau lingkaran dan dilapisi dengan gula bubuk atau madu. Rasanya yang manis dan teksturnya yang renyah membuat baursaks menjadi makanan yang sempurna untuk camilan sore hari. Roti ini juga sering dijadikan sebagai hadiah atau tanda kasih sayang dalam budaya Kazakhstan.