Blog
Makanan Khas Kota Ngerulmud
Makanan Khas Kota Ngerulmud

Mengenal Makanan Khas Kota Ngerulmud

Kota Ngerulmud adalah ibu kota negara Palau yang terletak di kepulauan Pasifik. Meskipun merupakan kota yang kecil, Ngerulmud memiliki banyak makanan khas yang unik dan lezat. Banyak dari makanan khas ini dipengaruhi oleh tradisi dan budaya yang kaya dari berbagai suku yang tinggal di Palau.

Salah satu makanan khas yang paling terkenal di Ngerulmud adalah Pichi-Pichi. Makanan ini terbuat dari ubi jalar yang dihaluskan dan dicampur dengan santan dan gula. Adonan ini kemudian dikukus dan disajikan dengan taburan kelapa parut di atasnya. Pichi-Pichi memiliki tekstur yang lembut dan manis yang membuatnya menjadi pilihan yang populer sebagai hidangan penutup. Makanan ini biasanya disajikan pada acara-acara istimewa seperti pernikahan atau pesta adat.

Selain Pichi-Pichi, Ngerulmud juga terkenal dengan Saksak. Makanan ini juga terbuat dari ubi jalar, namun dibuat dengan cara yang berbeda. Ubi jalar dihaluskan dan dicampur dengan sagu dan santan, kemudian dibalut dengan daun pisang dan dikukus. Saksak memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lebih padat daripada Pichi-Pichi. Makanan ini sering disajikan sebagai hidangan utama dan menjadi favorit bagi warga Palau.

Kuliner Istana Negara Palau: Makanan Khas Ngerulmud

Selain makanan khas dari masyarakat setempat, Ngerulmud juga memiliki kuliner istana negara yang tidak boleh dilewatkan. Salah satu makanan istana yang paling terkenal adalah Bota Kare Kare. Makanan ini terbuat dari potongan daging sapi yang dimasak dengan campuran kacang kedelai dan rempah-rempah. Bota Kare Kare memiliki rasa yang kaya dan gurih, serta disajikan dengan nasi hangat dan sayuran segar. Makanan ini dianggap sebagai hidangan eksklusif yang hanya disajikan kepada tamu istana atau pada acara-acara resmi.

Selain itu, ada juga Kala Nutak, yang merupakan makanan khas istana yang terbuat dari ikan tuna yang dipotong kecil-kecil dan dicampur dengan daun ubi jalar, santan, dan rempah-rempah. Makanan ini kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Kala Nutak memiliki rasa yang unik dan lezat, serta sering disajikan pada acara-acara adat di istana. Hidangan ini juga sering dihidangkan bersama dengan Bota Kare Kare untuk menciptakan kombinasi yang sempurna dari rasa dan tekstur yang berbeda.

Menikmati Makanan Khas Ngerulmud

Untuk mencicipi makanan khas Ngerulmud, Anda dapat mengunjungi restoran-restoran atau warung-warung kecil yang tersebar di kota ini. Banyak dari makanan khas tersebut juga bisa ditemukan di pasar tradisional yang sering diadakan di sekitar Ngerulmud. Jika Anda berkesempatan untuk mengunjungi istana negara, jangan ragu untuk mencoba hidangan-hidangan istana yang eksklusif dan enak.

Makanan khas Ngerulmud tidak hanya memanjakan lidah, tetapi juga memperkaya pengalaman wisata Anda di kota ini. Dengan mencicipi hidangan-hidangan lokal ini, Anda juga dapat lebih memahami budaya dan tradisi yang unik dari masyarakat Palau. Jadi, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Ngerulmud saat berkunjung ke kota yang eksotis ini.