Blog
Makanan Khas Kota Montevideo
Makanan Khas Kota Montevideo

Makanan Tradisional Kota Montevideo: Warisan Kuliner yang Menggugah Selera

Kota Montevideo, ibu kota Uruguay, tidak hanya terkenal dengan pemandangan yang indah dan budaya yang kaya, tetapi juga dengan makanan tradisionalnya yang menggugah selera. Makanan khas Kota Montevideo telah menjadi bagian dari warisan kuliner yang diwariskan dari generasi ke generasi dan terus menjadi favorit di kalangan penduduk setempat maupun wisatawan. Dengan perpaduan antara pengaruh Eropa dan tradisi lokal, makanan khas Kota Montevideo menawarkan rasa yang unik dan mencerminkan keanekaragaman budaya di kota ini.

Salah satu makanan tradisional yang paling terkenal di Kota Montevideo adalah chivito, sebuah sandwich yang terdiri dari daging sapi, ham, keju, telur, dan sayuran seperti selada, tomat, dan bawang putih. Chivito pertama kali dibuat di sebuah restoran di kota ini pada tahun 1940 dan sejak saat itu menjadi hidangan yang sangat populer di Uruguay. Berbagai restoran di Kota Montevideo menawarkan versi mereka sendiri dari chivito, tetapi yang paling terkenal adalah chivito canadiense, yang menggunakan steak daging sapi sebagai pengganti daging sapi cincang. Rasanya yang kaya dan teksturnya yang renyah menjadikan chivito sebagai makanan wajib yang harus dicoba ketika mengunjungi Kota Montevideo.

Selain chivito, asado juga merupakan makanan tradisional yang populer di Kota Montevideo dan di seluruh Uruguay. Asado adalah daging panggang yang disajikan dengan berbagai jenis saus, seperti chimichurri, salsa criolla, dan salsa verde. Daging yang digunakan bisa berupa daging sapi, babi, atau ayam, dan dipanggang dengan arang di atas api terbuka. Asado biasanya disajikan dalam porsi besar dan menjadi hidangan utama dalam acara keluarga atau pesta. Makanan ini juga sering dihidangkan di restoran-restoran di Kota Montevideo, sehingga memudahkan wisatawan untuk menikmati cita rasa asado yang lezat dan autentik.