Blog
Makanan Khas Kota Honiara
Makanan Khas Kota Honiara

Kuliner Ikonik Kota Honiara yang Harus Dicoba

Kota Honiara, ibukota dari negara Kepulauan Solomon, terletak di pulau Guadalcanal yang dikenal sebagai salah satu tujuan wisata yang menarik di Pasifik Selatan. Selain keindahan alamnya, kota ini juga dikenal dengan beragam makanan khas yang dianggap sebagai ikon kulinernya. Berikut adalah beberapa makanan khas Kota Honiara yang wajib dicoba saat mengunjungi kota ini.

Pertama adalah masi masi, makanan tradisional dari Kepulauan Solomon yang terkenal dan dicintai oleh penduduk lokal. Masi masi adalah sejenis roti tipis yang terbuat dari sagu dan dibakar di atas batu bara. Roti ini biasanya disajikan dengan ikan panggang, sayuran, dan sambal pedas. Rasanya yang gurih dan renyah membuatnya menjadi makanan favorit di berbagai acara dan festival tradisional di Kota Honiara.

Selain masi masi, makanan lain yang tidak boleh dilewatkan adalah ikan terbang, atau yang dikenal di Kepulauan Solomon sebagai ikan kipalapala. Ikan ini terkenal karena kemampuannya untuk melompat dari air dan terbang di udara selama beberapa detik. Di Kota Honiara, ikan terbang sering diolah dengan cara dipanggang atau digoreng dan disajikan dengan nasi serta sayuran. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang lembut membuatnya menjadi hidangan yang sangat populer di kota ini.

Ragam Makanan Khas dan Kuliner Terbaik di Kota Honiara

Selain masi masi dan ikan terbang, Kota Honiara juga memiliki banyak makanan khas lain yang tidak kalah lezat. Salah satunya adalah kulit babi panggang yang dikenal sebagai piga. Kulit babi ini dipanggang dengan bumbu khas dan disajikan bersama nasi serta sayuran. Rasanya yang renyah dan gurih membuat piga menjadi salah satu hidangan yang paling banyak dicari oleh wisatawan yang mengunjungi kota ini.

Jika Anda mencari makanan yang lebih eksotis, cobalah saksak, makanan tradisional dari Kepulauan Solomon yang terbuat dari sagu dan daging ikan. Saksak biasanya disajikan dalam bentuk bola kecil yang dimasak dengan cara direbus atau digoreng. Rasanya yang unik dan teksturnya yang kenyal membuatnya menjadi makanan yang sangat disukai oleh masyarakat setempat. Selain itu, Kota Honiara juga memiliki beragam makanan laut yang segar dan lezat, seperti kerang dan kepiting yang bisa dinikmati di berbagai restoran dan warung di sepanjang pantai kota ini.

Kota Honiara merupakan tempat yang sempurna untuk menikmati berbagai makanan khas dan kuliner terbaik dari Kepulauan Solomon. Dengan rasa yang unik dan cita rasa yang khas, kuliner ikonik dari kota ini tidak hanya memanjakan lidah, tetapi juga memberikan pengalaman budaya yang tak terlupakan. Jadi, jangan lupa untuk mencicipi masi masi, ikan terbang, dan makanan khas lainnya saat mengunjungi Kota Honiara untuk mendapatkan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.