Blog
Makanan Khas Kota Dhaka
Makanan Khas Kota Dhaka

Kuliner Khas Kota Dhaka: Menikmati Kelezatan Tradisional Bangladesh

Kota Dhaka, ibukota Bangladesh, memang terkenal dengan kekayaan budaya dan seni tradisionalnya. Namun, tidak hanya itu, kota ini juga kaya akan kuliner yang lezat dan unik. Makanan khas Kota Dhaka merupakan perpaduan dari berbagai pengaruh budaya, seperti India, Mughal, dan China. Hal ini membuat makanan di Dhaka memiliki rasa yang unik dan berbeda dari daerah lain di Bangladesh.

Salah satu makanan khas yang menjadi kebanggaan Kota Dhaka adalah Hilsa Fish Curry. Hilsa Fish atau ikan hilsa adalah ikan air tawar yang banyak ditemukan di Sungai Ganges yang melintasi kota ini. Ikan ini biasanya dimasak dengan bumbu-bumbu khas Bangladesh seperti jahe, bawang merah, dan rempah-rempah lainnya. Hilsa Fish Curry memiliki rasa yang gurih dan pedas yang menggugah selera. Rasanya yang unik dan khas membuatnya menjadi salah satu hidangan yang wajib dicoba saat mengunjungi Kota Dhaka.

Makanan Khas Kota Dhaka: Variasi Rasa yang Menggugah Selera Wisatawan

Tidak hanya Hilsa Fish Curry, ada juga makanan khas lainnya yang menjadi favorit wisatawan di Kota Dhaka. Seperti Biryani, nasi berbumbu yang disajikan dengan daging ayam, kambing, atau daging sapi. Rasanya yang kaya akan rempah-rempah membuatnya menjadi hidangan yang populer di seluruh Bangladesh. Selain itu, ada juga Teh Jafrani atau Saffron Tea yang banyak disajikan di restoran dan kafe di Kota Dhaka. Teh ini memiliki rasa manis dan aroma khas saffron yang berasal dari tumbuhan asal Iran. Teh Jafrani menjadi minuman yang menyegarkan dan cocok untuk dinikmati setelah menyantap hidangan khas Kota Dhaka.

Kuliner khas Kota Dhaka tidak hanya berhenti di hidangan utama dan minuman saja. Ada juga berbagai jenis makanan ringan yang dapat menemani wisatawan saat berjalan-jalan di kota ini. Seperti Mishti Doi, yoghurt manis yang biasa disajikan sebagai penutup makanan. Ada juga pitha, kue tradisional yang terbuat dari beras dan gula merah yang memiliki berbagai bentuk dan rasa yang berbeda. Makanan ringan ini juga sering dijadikan sebagai oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Dhaka.

Kota Dhaka memang memiliki kekayaan kuliner yang tidak dapat disepelekan. Dengan berbagai hidangan khas yang unik dan lezat, wisatawan dapat merasakan pengalaman kuliner yang berbeda dari daerah lain di Bangladesh. Jadi, saat mengunjungi Kota Dhaka, jangan lupa untuk mencoba berbagai hidangan khasnya dan nikmati kelezatan tradisional Bangladesh yang tidak akan terlupakan.