Blog
Makanan Khas Kota Belgrade
Makanan Khas Kota Belgrade

Belgrade, ibu kota Serbia, tidak hanya terkenal dengan keindahan arsitektur dan sejarahnya yang kaya, tetapi juga dengan ragam kuliner yang lezat. Kota ini memiliki banyak makanan khas yang terinspirasi dari tradisi dan budaya Serbia serta pengaruh dari negara-negara tetangganya seperti Turki dan Yunani. Berikut adalah beberapa makanan khas Kota Belgrade yang wajib dicoba oleh para wisatawan.

Warisan Kuliner yang Menggugah Selera

Salah satu makanan khas yang paling terkenal di Belgrade adalah ?evapi. Makanan ini terdiri dari sosis daging cincang yang dibuat dari campuran daging sapi, daging babi, dan rempah-rempah. Sosis ini disajikan dengan roti pita, bawang merah, dan saus krim khas Serbia yang disebut kajmak. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang lembut membuatnya menjadi favorit di kalangan penduduk setempat dan turis. ?evapi bisa ditemukan di hampir setiap restoran dan kafe di Kota Belgrade, tetapi salah satu tempat terbaik untuk mencobanya adalah di restoran "?evapi ?evapi" yang terletak di pusat kota.

Menjelajahi Ragam Rasa Makanan Khas Kota Belgrade yang Menyimpan Sejuta Cerita

Selain ?evapi, masih banyak makanan khas Kota Belgrade yang tidak kalah enak dan menarik untuk dicoba. Misalnya, pljeskavica, yang merupakan varian hamburger Serbia yang terbuat dari daging cincang dan biasanya disajikan dengan roti pita, salad, dan saus. Ada juga sarma, yaitu daun kubis yang diisi dengan campuran daging cincang, beras, dan rempah-rempah lalu direbus dan disajikan dengan saus tomat atau krim asam. Makanan ini sering dihidangkan pada acara-acara khusus seperti Natal dan Paskah. Bagi pecinta makanan pedas, ajvar adalah must-try di Kota Belgrade. Ajvar adalah saus yang terbuat dari paprika, bawang putih, dan minyak zaitun yang disajikan sebagai pelengkap untuk banyak hidangan, seperti ?evapi dan pljeskavica. Rasanya yang pedas dan sedikit manis akan memanjakan lidah Anda.

Kota Belgrade juga memiliki makanan penutup yang lezat, seperti gibanica, yaitu kue lapis yang terbuat dari lapisan adonan tipis dan diisi dengan keju cottage, krim, dan telur. Gibanica biasanya dihidangkan sebagai sarapan atau makanan penutup, tetapi juga bisa dinikmati sebagai camilan di siang hari. Bagi pecinta cokelat, torta od jagoda adalah pilihan yang sempurna. Kue ini terbuat dari lapisan kue cokelat yang diisi dengan selai stroberi dan krim, lalu ditutup dengan taburan cokelat. Rasanya yang manis dan segar membuatnya menjadi pilihan yang populer bagi wisatawan. Dengan begitu banyak pilihan makanan khas yang lezat, tidak heran jika Belgrade dijuluki sebagai surga bagi para pecinta kuliner. Jadi, jika Anda sedang berlibur ke kota ini, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba makanan khasnya yang menggugah selera dan menyimpan sejuta cerita di balik setiap suapannya.